Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Kesan Pertama Menjajal Oppo A57

Kompas.com - 28/07/2022, 19:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A57 merupakan ponsel kelas menengah terbaru dari Oppo di Indonesia yang dijual dengan harga Rp 2,4 juta.

Dengan banderol tersebut, pengguna sudah bisa mendapatkan ponsel yang dibekali dengan beragam fitur serba pertama di Oppo A5 Series.

Salah satu yang bisa dibilang paling menarik adalah Oppo Glow, sebuah teknik pelapisan (finishing) cangkang ponsel ikonik Oppo yang pertama kali diperkenalkan di Oppo Reno Series.

Selain mendapatkan ponsel dengan desain yang cantik, calon pembeli Oppo A57 juga bakal mendapatkan beragam aksesori pendukung ponsel tersebut.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Oppo A16k, Ponsel Mewah Rp 2 Jutaan

Salah satunya adalah "kepala" alias adapter charger SuperVOOC 33W (33 watt) yang sudah termasuk di dalam kotak penjualan Oppo A57.

Di samping adapter charger, pengguna juga bakal menemukan softcase untuk melindungi ponsel dari benturan, kabel data USB-A ke USB-C, SIM ejector untuk mengeluarkan "laci" kartu SIM, hingga buku panduan dan kartu garansi di dalam kotak penjualan Oppo A57.

Isi kotak kemasan Oppo A57. Di dalam kotak penjualan ponsel ini, selain unitnya, pengguna akan mendapatkan softcase, adapter charger SuperVOOC 33 watt, kabel data, SIM ejector, buku panduan, dan kartu garansi ponsel.Kompas.com/BILL CLINTEN Isi kotak kemasan Oppo A57. Di dalam kotak penjualan ponsel ini, selain unitnya, pengguna akan mendapatkan softcase, adapter charger SuperVOOC 33 watt, kabel data, SIM ejector, buku panduan, dan kartu garansi ponsel.

Sayangnya, kotak penjualan Oppo A57 tidak menyertakan earphone yang biasa digunakan pengguna untuk mendengarkan musik. Padahal, ponsel ini masih menyertakan lubang audio jack 3,5 mm yang terletak di bagian bingkai bawah perangkat.

Menyoal bagian bawah perangkat, selain lubang tersebut, di sisi itu juga terdapat lubang mikrofon, konektor USB-C, serta lubang speaker.

Berbeda dengan hiasan di bagian bawah ponsel, bingkai bagian atas perangkat tersebut justru tidak dihiasi apapun, alias rata dengan bingkai perangkat.

Meski demikian, bingkai di bagian kiri dan kanan Oppo A57 masih dihiasi dengan beragam fungsi ponsel.

Baca juga: Oppo A57 Lebih Murah Rp 300.000 Dibanding A55, Ini Beda Spesifikasinya

Di antaranya adalah tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari (fingerprint) di bingkai bagian kanan, serta laci kartu SIM (bisa memuat dua kartu SIM jenis nano dan satu microSD) dan tombol volume di bingkai bagian kiri.

Kesan pertama menggenggam Oppo A57

Bagian depan Oppo A57. Oppo A57 mengusung layar IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus. Pada bagian atasnya, terdapat modul bergaya ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 8MP (f/2.0). Ketika kami membawa ponsel ke luar ruangan (outdoor) tepat di bawah sinar matahari terik, berbagai konten pada layar Oppo A57 masih bisa dilihat dengan cukup baik.Kompas.com/BILL CLINTEN Bagian depan Oppo A57. Oppo A57 mengusung layar IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus. Pada bagian atasnya, terdapat modul bergaya ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 8MP (f/2.0). Ketika kami membawa ponsel ke luar ruangan (outdoor) tepat di bawah sinar matahari terik, berbagai konten pada layar Oppo A57 masih bisa dilihat dengan cukup baik.

Oppo A57 bisa dibilang merupakan ponsel yang cukup besar, terlepas dari harganya yang menyasar segmen ponsel Rp 2 jutaan. Hal ini tentunya dikontribusi oleh layar ponsel yang berukuran 6,56 inci.

Meski terkesan bongsor, ponsel ini masih nyaman untuk dipakai berlama-lama atau digenggam dan dibawa kemana-mana ke berbagai tempat.

Sebab, ponsel ini memiliki dimensi ketebalam 8 mm dan dikelilingi oleh bingkai yang rata (flat), mirip seperti "saudaranya" di seri yang berbeda, yaitu Reno7 4G.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com