Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Luncurkan Fitur Shared Ban Info, Izinkan Streamer Berbagi Daftar Penonton yang Diblokir

Kompas.com - 29/07/2022, 11:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Twitch

KOMPAS.com - Twitch mengumumkan fitur baru bernama "Shared Ban Info". Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan konten kreator untuk dapat membagikan daftar akun penonton yang mereka diblokir (banned) ke streamer (kreator yang melakukan live streaming) lainnya.

Fitur Shared Ban Info bertujuan untuk melindungi para streamer dari penonton yang kerap melontarkan ujaran kebencian dan kata-kata negatif di kolom obrolan live streaming. Penonton yang dimasukkan ke dalam daftar blokir, tidak dapat mengakses kolom obrolan di sesi live streaming.

Baca juga: Mengenal Twitch dan Bedanya dengan YouTube

Jadi, Twitch tidak akan langsung mencabut akses akun pengguna yang kerap bersikap negatif. Sebagai "alternatif", Twitch memberikan kemampuan kepada para streamer untuk dapat menentukan penonton yang dapat mengakses konten milik mereka.

"Kami ingin menyeimbangkan antara melindungi streamer dari pelecehan sambil tetap memberi streamer kontrol atas siapa yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam komunitas mereka," tulis Twitch.

Fitur Shared Ban Info bekerja secara dua arah. Artinya, para streamer bisa saling bertukar informasi daftar penonton yang diblokir.

Salah satu streamer akan mengirimkan permintaan (request) berisi persetujuan untuk mengirim daftar blokir ke streamer lainnya. Setelah permintaan tersebut diterima, maka streamer lainnya juga akan dianggap setuju untuk membagikan nama-nama penonton yang telah dia masukkan ke dalam daftar blokir.

Baca juga: Perampokan Streamer Twitch Tersiar saat Live Streaming

Streamer juga diberikan keleluasaan untuk menerima permintaan dari sejumlah komunitas tertentu, seperti partner, afiliasi, atau streamer lain yang diikuti (following).

Dihimpun KompasTekno dari Twitch, Kamis (28/7/2022), fitur Shared Ban Info dapat dimanfaatkan untuk membagikan daftar blokir hingga ke 30 streamer sekaligus.

Cara kerja fitur Shared Ban Info di Twitch.Twitch Cara kerja fitur Shared Ban Info di Twitch.

Ketika melakukan sesi live streaming, streamer akan mendapatkan notifikasi apabila ada penonton yang telah masuk ke dalam daftar blokir oleh streamer lain. Penonton itu masih dapat menyaksikan live streaming dan menuliskan komentar di kolom obrolan dengan streamer yang belum memblokirnya.

Namun, streamer dan moderator dapat sewaktu-waktu memblokir atau menangguhkan penonton tersebut dari daftar blokir.

Baca juga: Berapa Gaji Karyawan Netflix, TikTok, Twitch, dan Spotify?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com