Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 13 Dirilis untuk Publik September?

Kompas.com - 02/08/2022, 14:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi (operating system/OS) Android 13 tampaknya akan segera diluncurkan Google dalam waktu dekat. Menurut kabar yang beredar, Android 13 versi publik akan meluncur bulan September mendatang.

Indikasi ini terlihat dari serangkaian catatan yang diterbitkan Google di laman Source Android pada Senin (1/8/2022). Informasi berjudul "Catatan Rilis Keamanan Android 13" itu menunjukkan bahwa pembaruan utama dari versi Android 13 selanjutnya, akan diluncurkan pada bulan September.

Sebab, pada pada bagian patch keamanan, Google mencantumkan keterangan "2022-09-01". Hal itu menjadi indikasi bahwa Android 13 akan diluncurkan ke publik dalam versi stabil pada bulan September.

Baca juga: Android 13 Versi Beta Mulai Dirilis, Ini HP yang Kebagian Pertama Kali

"Perangkat Android 13 dengan tingkat patch keamanan 2022-09-01 atau lebih baru, dilindungi dari masalah (keamanan) ini," tulis Google dikutip KompasTekno dari laman Google Android Source, Selasa (2/8/2022).

Meski demikian, ada pula kemungkinan bahwa pembaruan Android 13 pada September nanti hanya sebagai Android Open Source Project (AOSP), yaitu fasilitas yang diberikan Google untuk pengembang agar dapat melakukan kustomisasi Android. Fase ini biasanya dilakukan sebelum OS Android versi stabil diluncurkan untuk ponsel Pixel.

Jadi, jika 1 September merupakan periode pembaruan AOSP, peluncuran Android 13 kemungkinan dirilis setelahnya.

Android 13 sendiri saat ini sudah tersedia dalam versi Beta 4.1. Alih-alih menghadirkan fitur baru, pembaruan ini hanya bereran memperbaiki beberapa bug yang ada di sistem operasi tersebut.

Baca juga: Android 13 Beta 2 Dirilis, Ini Smartphone Oppo, Xiaomi, dkk yang Kebagian

Untuk perilisan Android versi terbaru, Google tidak memiliki jadwal yang tetap dan pasti. Android 12 misalnya, diluncurkan pada Oktober tahun 2021. Sementara Android 10 dan 11 dirilis masing-masing pada September 2019 dan 2020.

Android Pie (Android 9) bahkan diluncurkan lebih awal yaitu pada Agustus 2018, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority.

Fitur baru di Android 13 

Dalam pembaruan Android 13 Beta 2, Google menghadirkan fitur baru terkait keamanan, dukungan video hingga hapus riwayat clipboard otomatis.

Dirangkum dari GSMArena, Android 13 Beta 2 menyertakan izin baru terkait notifikasi, fitur pelindung privasi untuk foto, izin yang ditingkatkan ketika memasangkan perangkat dengan perangkat lain terdekat dan akses file media, pengaturan bahasa khusus pada aplikasi, serta warna ikon aplikasi yang dicocokkan dengan tema.

Baca juga: Penampakan Awal Android 13 Beserta Fitur Barunya

Selain itu, pembaruan OS ini juga hadir dengan dukungan video HDR, Bluetooth LE Audio, serta MIDI 2.0 melalui USB.

Khusus untuk tablet, Android 13 Beta 2 dilengkapi fitur hapus riwayat clipboard secara otomatis serta kontrol media yang menampilkan sampul album terkait. Ada pula menu pengaturan Keamanan & Privasi terpadu yang baru pada Android 13 Beta 2.

Pembaruan dalam fitur ini yaitu pengguna akan melihat indikator status keamanan perangkat dengan jelas berdasarkan warnanya. Tak hanya itu, pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi yang dapat dilakukan sesuai dengan staus keamanan perangkat.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Kebagian Android 13 Beta 2 dan Cara Mendapatkannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com