Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Who’s ur 911” yang Sering Dipakai di Twitter

Kompas.com - 05/08/2022, 11:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Terdapat beragam bahasa gaul di Twitter yang kerap dipakai pengguna, salah satunya seperti kata “Who’s ur 911” atau “Who’s your 911”. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat penggunaan kata tersebut di Twitter.

Kendati mungkin pernah menjumpainya nongol di linimasa Twitter, namun tahukah apa itu “Who’s ur 911”? Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata tersebut bisa berarti seperti ini “Siapakah 911-mu”.

Baca juga: Arti Kata “Ril No Fek” yang Tengah Ramai Dipakai di Twitter

Dalam arti bahasa Indonesia seperti itu, maksud kata “Who’s ur 911” tampaknya jadi kurang relevan dengan kebiasaan pengguna di Twitter. Bila dilihat dari kebiasaan pengguna di Twitter, kata “Who’s ur 911” kerap digunakan untuk menanyakan sosok orang.

Salah satu contoh kebiasaan pemakaian kata “Who’s ur 911” untuk menanyakan sosok orang bisa dilihat lewat unggahan Tweet dari akun dengan handle @angelexoooooo, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dalam Tweet tersebut, kata “Who’s ur 911” digunakan untuk bertanya mengenai sosok orang yang ada ketika berada dalam kondisi yang sedih atau hancur. Kata “Who’s ur 911” seringkali digunakan dengan terdapat kata atribut setelah “when” atau “saat/ketika”.

Kata atribut dipakai untuk menjelaskan soal situasi atau kondisi tertentu. Misalnya, “who’s your 911 when you're having a breakdown?” atau “siapakah 911-mu saat kamu merasa hancur”, sebagaimana tertera di Tweet yang diunggah @angelexoooooo.

Kebiasaan pemakaian kata “Who’s ur 911” dengan format penambahan kata atribut tersebut juga bisa dilihat melalui unggahan Tweet dari akun dengan handle @erzcpstrn, sebagaimana terdapat pada cuplikan di bawah ini.

Dilihat dari dua contoh di atas, unsur “911” dalam kata “Who’s ur 911” tampaknya menjadi simbol atas seseorang yang sangat penting dan kiranya dapat diandalkan dalam situasi genting.

Simbolisasi itu merujuk pada arti “911” sendiri, yang sejatinya merupakan nomor telepon panggilan darurat di Amerika Serikat. Nomor tersebut biasa dihubungi saat terjadi situasi genting, seperti kebakaran, terdapat tindak kejahatan, dan sebagainya.

Dengan demikian, melihat kebiasaan pengguna di Twitter, arti “Who’s ur 911” adalah ungkapan tanya mengenai sosok orang yang dapat diandalkan dalam situasi genting.

Baca juga: Arti Kata “Praying Circle” yang Tengah Ramai di Twitter

Dari arti “Who’s ur 911” seperti itu, tak heran bila pengguna di Twitter kemudian menyebut seorang nama saat ditanya dengan kata tersebut. Penyebutan nama dilakukan sebagai jawaban atas orang yang dianggapnya dapat diandalkan dalam situasi genting.

Itulah penjelasan seputar arti “Who’s ur 911" yang kerap dipakai oleh pengguna di Twitter, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com