Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Baru Spotify Bikin Halaman Utama Lebih Rapi

Kompas.com - 10/08/2022, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform musik alir (streaming) Spotify meluncurkan tampilan beranda (home) yang baru kepada penggunanya, Selasa (9/8/2022). Pembaruan tersebut memungkinkan pengguna melihat rekomendasi musik dan podcast di dua laman yang berbeda.

Bagi yang belum familiar, tampilan Home di Spotify selama ini menggabung seluruh rekomendasi dan riwayat musik dan podcast, yang sebelumnya sudah didengar secara bersamaan. Sehingga tampilan versi lama, terlihat “berantakan”.

Nah, adanya pembaruan, pengguna bakal lebih dipermudah untuk mencari musik dan siniar (podcast) yang ingin didengar. Pengguna akan melihat ikon baru bertuliskan “Music” dan “Podcast & Shows” tepat di bawah tulisan sapaan Spotify, seperti “Good Morning”.

Baca juga: Spotify Pisah Tombol Play dan Shuffle di Versi Mobile, tapi Ada Syaratnya

“Perubahan tampilan akan menciptakan pengalaman yang lebih dipersonalisasi, sambil memungkinkan pendengar mencari lebih dalam rekomendasi yang diinginkan pendengar,” tulis Spotify dalam blog resminya, Selasa (9/8/2022).

Untuk mencoba tampilan baru ini, pengguna bisa mengetuk ikon “Music” di laman Home. Lalu, pengguna akan melihat tampilan feeds berubah menjadi rekomendasi album, playlist, dan lagu-lagu terbaru.

Tampilan fitur baru SpotifySpotify Tampilan fitur baru Spotify

Di laman yang sama, Spotify juga menyertakan beberapa ikon untuk mempermudah pengguna memutar lagu, menambahkan lagu ke album, like, dan berbagi musik yang disuka.

Sebaliknya, jika pengguna ingin pindah ke laman podcast, pengguna tinggal mengetuk tanda silang di pojok kiri untuk kembali ke menu utama, dan mengetuk kembali ikon dari “Podcast & Shows”.

Di sana, pengguna akan melihat rekomendasi dan riwayat podcast yang sudah didengar sebelumnya. Sama dengan laman “Music”, akan muncul beberapa ikon untuk mempermudah pengguna memutar podcast, like, dan membagikan podcast yang ingin di dengar ke platform lain.

Baca juga: Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Namun, perbedaannya terletak pada penambahan deskripsi singkat dari podcast yang ingin didengar. Pengguna juga diperbolehkan untuk menyimpan episode yang disuka, atau memutar podcast secara langsung tanpa harus keluar dari laman “Podcast & Shows”. Sehingga semua hal bisa dilakukan di satu tempat saja.

Peluncuran fitur ini sudah digulirkan terlebih dahulu kepada pengguna Android dan segera akan diluncurkan ke pengguna iOS. Namun, pantauan KompasTekno dari aplikasi Spotify versi Android, update ini masih belum tampak, kemungkinan akan dirilis secara bertahap.

Pengumuman yang diberikan Spotify tidak mencantumkan syarat-syarat tertentu, seperti hanya diperuntukkan untuk pendengar berbayar saja. Oleh karena itu, jika tampilan ini sudah digulirkan secara merata, seharusnya seluruh pengguna biasa ataupun berbayar bisa menikmati tampilan baru tersebut.

Dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (10/8/2022), upaya perubahan tampilan ini dilakukan Spotify untuk meningkatkan lebih banyak rekomendasi konten kepada pengguna, sekaligus ingin mengurangi “kekacauan” di laman berandanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com