Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Registrasi Kartu Telkomsel via SMS untuk Pelanggan Baru dan Lama

Kompas.com - 11/08/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Berdasar Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016, beserta perubahannya, setiap pelanggan prabayar dari tiap operator seluler kini diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu.

Kewajiban itu berlaku pula bagi pelanggan prabayar yang menggunakan kartu Telkomsel. Registrasi kartu Telkomsel penting dilakukan supaya pelanggan bisa untuk mengakses berbagai layanan, seperti telepon, SMS, internet, serta transaksi online.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Telkomsel dengan Mudah via Kode UMB

Lantas, bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel? Registrasi kartu Telkomsel yang dimaksud dalam peraturan tersebut dilakukan oleh pelanggan prabayar, dengan menyertakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) KTP dan nomor KK (Kartu Keluarga).

Data tersebut kemudian dikirim melalui SMS di nomor “4444” (tanpa tanda kutip). Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan cara registrasi kartu Telkomsel yang tertera di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Telkomsel.

Cara registrasi kartu Telkomsel

  • Ketik pesan dengan format seperti ini “REG (spasi) NIK#Nomor KK#”. Misalnya, “REG 123456#78891011#.
  • Selanjutnya, kirim pesan SMS tersebut ke nomor 4444.

Baca juga: Daftar Wilayah yang Tidak Bisa Lagi Akses 3G Telkomsel Per 20 Juli 2022

Penting untuk diketahui, registrasi kartu Telkomsel tidak hanya wajib dilakukan oleh pelanggan prabayar baru. Pelanggan lama yang belum registrasi dengan NIK dan nomor KK juga wajib untuk melakukannya lagi.

Lalu, bagaimana cara registrasi ulang kartu Telkomsel bagi pelanggan lama yang belum mengirim data tersebut? Caranya hampir sama dengan registrasi untuk pelanggan baru, tapi beda format saja. Begini penjelasan cara registrasi ulang kartu Telkomsel.

Cara registrasi ulang kartu Telkomsel

  • Ketik pesan dengan format seperti ini “ULANG (spasi) NIK#Nomor KK#”. Misalnya, “ULANG 123456#78891011#.
  • Selanjutnya, kirim pesan SMS tersebut ke nomor 4444.

Bila data telah benar dan terkirim, tunggu beberapa saat hingga mendapat notifikasi bahwa kartu Telkomsel telah terdaftar. Sementara itu, untuk cek kartu Telkomsel sudah terdaftar atau belum, caranya bisa dengan melakukan panggilan ke nomor 188.

Baca juga: Sinyal 3G Telkomsel Mulai Dimatikan, Ini Cara Upgrade Kartu 4G via GraPARI Online

Demikianlah penjelasan seputar cara registrasi kartu Telkomsel via SMS untuk pelanggan prabayar baru dan lama, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com