Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 09:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis dua ponsel lipat bikinannya, Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, dalam sebuah acara “Galaxy Unpacked 2022”, Rabu (10/8/2022) malam.

Seperti namanya, ponsel ini merupakan penerus dari perangkat Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang telah dirilis tahun lalu. Dua perangkat ini membawa beberapa peningkatan spesifikasi, salah satunya di aspek software.

Samsung Z Fold 4 menjalankan sistem operasi (OS) Android 12L yang dilapisi tampilan antar muka (UI) One UI 4.1.1. Ponsel ini diklaim sebagai smartphone pertama yang menjalankan OS Android 12L yang baru dirilis versi stable-nya bulan Maret 2022 lalu.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Resmi Meluncur dengan Kamera 50 MP

Android 12L merupakan turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar. Misalnya seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, seperti Galaxy Z Fold 4, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Salah satu yang dibawa adalah fitur taskbar khusus yang memungkinkan pengguna berpindah aplikasi lebih mulus. Selain itu, Android 12L juga membawa antarmuka/UI two-coloumn untuk toggle notifikasi dan quick setting (pengaturan cepat).

Google turut mengoptimalkan banyak aplikasinya agar mendukung fitur multi-coloumn UI, demi menunjang aktivitas pengguna, terutama bagi yang kerap melakukan multitasking di ponselnya.

Android 12L juga lebih sensitif saat perangkat beralih mode, dari smartphone ke tablet dan sebaliknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sam Mobile, Jumat (12/8/2022).

Berbeda dengan Samsung Z Fold 4, "saudaranya", yakni Galaxy Z Flip 4 menjalankan sistem operasi Android 12.

Baca juga: Daftar Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 di Indonesia Semua Model

Samsung Galaxy Z Fold 4 varian warna Beige, Phantom Black, dan Graygreen.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Z Fold 4 varian warna Beige, Phantom Black, dan Graygreen.
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 4

Dari segi layar, Samsung Z Fold 4 memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan pendahulunya. Ketika perangkat dibentangkan, Galaxy Z Fold 4 mengusung layar Dynamic AMOLED 2X (2176 x 1812 piksel) dengan bentang seluas 7,6 inci dan refresh rate-nya 120 Hz.

Sementara itu, bila perangkat dalam kondisi dilipat, pengguna bakal melihat cover screen atau layar luar berpanel Dynamic AMOLED 2X. Diagonal layar luarnya adalah 6,2 inci dengan resolusi 2316 x 904 piksel, dan refresh rate-nya berada di angka 120 Hz.

Beralih ke segi desain, bingkai layar (bezel) di layar utama perangkat sedikit lebih tipis, yakni selebar 3mm. Lalu, untuk bezel di layar sekunder alias saat kondisi terlipat, memiliki ukuran 2,7 mm.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia, Sama dengan Z Fold 3

Masih soal desain dan tampilan, layar Galaxy Z Fold 4 diklaim lebih kokoh dibanding sebelumnya. Sebab, layar utama dan layar sekunder perangkat ini dilapisi oleh kaca pelindung Gorilla Glass Victus Plus.

Konfigurasi dari kamera yang dimiliki terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) disertai fitur “Nightography”, kamera telefoto 10 MP (f/2.4), dan kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2). Untuk kamera depan (selfie), beresolusi 4 MP di layar utama dan 10 MP di layar sekunder.

Untuk segi performa, Galaxy Z Fold 4 diotaki oleh chipset bikinan Qualcomm, Snapdragon Plus Gen 1, yang diklaim 10 persen lebih “ngebut” dibanding Snapdragon 8 Gen 1 di Galaxy S22 series.

Chipset tersebut bakal dipadukan dengan RAM 12 B dengan tiga varian kapasitas memori, yakni 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Untuk dayanya sendiri, perangkat ini ditopang oleh baterai berkapasitas 4.400mAH yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 25 watt, dan pengisian nirkabel 15 watt.

Baca juga: Melihat Samsung Galaxy Z Fold 4 dari Berbagai Sisi

Fitur yang didukung Galaxy Z Fold 4 antara lain Flex Mode yang mendukung beberapa aplikasi populer layaknya Netflix, Disney Plus, Microsoft Teams, Google Meet, dan Youtube. Ponsel juga memiliki fitur tahana ir dengan IP rating IPX8.

Adapun dukungan aksesoris S Pen yang dapat dimanfaatkan untuk mencatat, melakukan navigasi, menggambar, dan berbagai macam aktivitas lainnya.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 4

Samsung Z Fold 4 hadir dalam empat varian warna, yakni Phantom Black, Graygreen, Beige, dan Burgundy. Sementara itu, untuk banderol harga yang dimiliki perangkat berkisar dari Rp 25 juta hinggal Rp 30 juta. Berikut rinciannya.

  • Harga Samsung Z Fold 4 (RAM 12 GB/ 256 GB memori): Rp 24.999.000
  • Harga Samsung Z Fold 4 (RAM 12 GB/ 512 GB memori): Rp 26.999.000
  • Harga Samsung Z Fold 4 (RAM 12 GB/ 1 TB memori): Rp 30.999.000

Ponsel ini sudah dapat dipesan (pre-order) di Indonesia mulai 10 Agustus hingga 1 September. Untuk informasi selengkapnya, bisa klik di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com