Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kompas.com - 16/08/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Sebagaimana umum diketahui, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya secara bersamaan seperti akses ke koneksi internet atau printer.

Untuk menghubungkan antar komputer, terdapat beberapa jenis topologi jaringan komputer. Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan pengertian topologi jaringan komputer di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya

Pengertian topologi jaringan komputer

Topologi jaringan komputer adalah metode atau cara untuk menghubungkan rute koneksi dan node dalam satu jaringan. Untuk diketahui, node adalah perangkat keras untuk menerima, meneruskan, dan menyebarkan data atau bisa juga disebut komputer.

Sedangkan rute koneksi, merupakan sambungan antar node sehingga bisa saling terhubung satu sama lain. Sambungan atau jembatan antar node itu biasanya dibuat menggunakan kabel jaringan (kabel LAN).

Seperti sempat disinggung di atas, dalam topologi jaringan komputer, terdapat beberapa jenis yang biasa dipakai. Lalu, apa saja topologi jaringan komputer?

Adapun beberapa jenis topologi jaringan komputer adalah topologi Mesh, Star, Ring, Bus, Tree, dan Hybrid. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai macam-macam topologi jaringan komputer bisa dilihat di bawah ini.

Macam-macam topologi jaringan komputer

1. Topologi Mesh

Ilustrasi topologi MeshKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi topologi Mesh

Topologi Mesh merupakan metode untuk menghubungkan node secara langsung menggunakan kabel jaringan, tanpa ada perantara. Kelebihan topologi Mesh adalah kesalahan pengiriman data bisa ditemukan dengan mudah.

Kemudian, pengiriman data juga dapat berjalan lebih aman lantara dilakukan melalui rute khusus. Sementara itu, kelemahan topologi Mesh adalah membutuhkan biaya yang lebih besar untuk penyediaan kabel jaringan.

Baca juga: Mengenal Bermacam Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja

2. Topologi Star

Ilustrasi topologi StarKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi topologi Star

Dinamakan topologi Star karena bentuk jaringan rute dan node mirip dengan bintang. Topologi star merupakan metode untuk menghubungkan beberapa node menggunakan satu perangkat keras Hub dalam sebuah jaringan.

Perlu diketahui, Hub adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai jenis perangkat keras jaringan komputer bisa dibaca pada tautan ini.

Adapun kelebihan topologi Star adalah lebih hemat biaya untuk kabel jaringan. Kemudian, kegagalan pengiriman data pada satu rute tidak akan mempengaruhi rute yang lain.

Sedangkan kelemahannya, yakni apabila terjadi kerusakan pada hub maka alur transmisi data dan sumber daya pada topologi Star bakal tersendat semua.

Baca juga: 7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya

3. Topologi bus

Ilustrasi topologi BusKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi topologi Bus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com