Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam–macam Software Aplikasi Pengolah Kata

Kompas.com - 16/08/2022, 18:51 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Software aplikasi pengolah kata menjadi bagian program yang tak dapat terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Software pengolah kata membantu kita melakukan pengerjaan beragam dokumen tertulis.

Software ini berfungsi untuk mengolah kata, seperti mengetik. Pengolah kata mengacu pada tindakan menggunakan komputer untuk membuat, mengedit, menyimpan dan mencetak dokumen.

Software pengolah kata memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam dokumen, seperti laporan, surat, memo, buletin dan brosur.

Selain mengetik teks, pengolah kata memungkinkan Anda untuk menambahkan konten seperti gambar, tabel, dan bagan ke dokumen Anda serta item dekoratif termasuk batas dan clipart.

Salah satu contoh Word Processor adalah Microsoft Word, namun aplikasi pengolah kata lain juga banyak digunakan. Contohnya meliputi: Microsoft Works Word Processor, Open Office Writer, Word Perfect dan Google Drive Document.

Selengkapnya berikut ini beberapa ulasan mengenai macam-macam software aplikasi pengolah kata yang sering digunakan pengguna.

Baca juga: Cara Mengecek Typo di Microsoft Word

Microsoft Word

Logo Microsoft Word.Microsoft Logo Microsoft Word.

Microsoft Word adalah pengolah kata komersial yang banyak digunakan yang dirancang oleh Microsoft. MS Word memiliki kamus bawaan untuk pemeriksaan ejaan; kata-kata yang salah eja ditandai dengan garis bawah berlekuk-lekuk merah.

Software aplikasi pengolah kata ini juga menawarkan fitur tingkat teks seperti tebal, garis bawah, miring dan coret, dan fitur tingkat halaman seperti indentasi, paragraf dan pembenaran dan masih banyak lagi berbagai fitur Word lainnya.

Word kompatibel dengan banyak program lain, yang paling umum adalah anggota suite Office lainnya.

OpenOffice Writer

OpenOfficewiki open office OpenOffice

OpenOffice Writer dapat diperoleh melalui internet lewat situs (www.openoffice.org) dengan cara mendownload nya. Hal ini karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini memiliki semua fitur yang kita inginkan dari aplikasi pengolah kata.

Kelebihan OpenOfficeWriter:

  • Dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti, windows,mac os, linux
  • Bersifat open source sehingga bisa digunakan secara gratis

iWork Pages

iWorkPagesApple iWorkPages

iWork Pages adalah perangkat lunak pengolah kata yang harus dimiliki oleh pengguna Apple. Meskipun Microsoft Word tersedia untuk macOS, iWork adalah alternatif asli yang bagus yang membantu pengguna Apple memproses, membuat, dan bekerja dengan dokumen word.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com