Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Smart TV Murah buat Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB, mulai Rp 1 Juta-Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 18/08/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kebijakan Analog Switch Off (ASO) telah bergulir sejak April lalu. Lewat kebijakan tersebut, pemerintah bakal menghentikan siaran TV analog di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap hingga 2 November mendatang.

Setelah dihentikan, siaran TV analog bakal sepenuhnya beralih ke siaran TV digital. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin menonton TV nantinya perlu menggunakan perangkat yang bisa menangkap sinyal dari siaran digital.

Baca juga: Simak, Ini Perbedaan TV Digital dan Analog

Untuk menonton siaran TV digital, terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, menggunakan TV analog biasa yang telah dilengkapi perangkat terpisah Set Top Box atau STB (pengonversi sinyal siaran digital untuk bisa tampil di TV analog).

Kemudian, cara kedua adalah menggunakan jenis TV yang bisa menangkap sinyal siaran digital (TV digital), salah satunya seperti Smart TV. Lantas, apakah Smart TV perlu STB layaknya TV analog?

Untuk bisa menangkap sinyal siaran digital, sebuah TV harus sudah didukung dengan fitur DVB T2 (penangkap atau receiver sinyal digital). Kebanyakan Smart TV telah dibekali secara langsung (built in) dengan fitur tersebut, sehingga tak perlu lagi pakai STB.

Di pasaran saat ini, terdapat beberapa model Smart TV dengan fitur DVB T2 yang bisa didapat dengan harga mulai Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar Smart TV yang bisa menangkap siaran digital tanpa STB.

Daftar Smart TV yang bisa menangkap siaran digital tanpa STB

1. Cooca 32S3U

Ilustrasi Smart TV digital Coocaa 32S3UTokopedia.com/Coocaa Official Store Ilustrasi Smart TV digital Coocaa 32S3U

Smart TV digital yang pertama adalah Coocaa 32S3U. Salah satu model smart TV keluaran Coocaa tersebut memiliki dimensi layar 32 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Untuk audionya, telah didukung dengan fitur DTS TruSurround Engine dari Dolby.

Fitur konektivitas yang tersedia pada Coocaa 32S3U meliputi koneksi WiFi dan tak ketinggalan pula DVB T2 untuk menangkap sinyal siaran digital. Harga Smart TV digital ini adalah Rp 1.799.000.

2. Samsung UA32T4001

Ilustrasi Smart TV digital Samsung UA32T4001.Samsung.com Ilustrasi Smart TV digital Samsung UA32T4001.

Kemudian, ada pula Samsung UA32T4001. Smart TV digital keluaran Samsung ini memiliki dimensi layar 32 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Samsung UA32T4001 didukung sistem operasi Tizen, yang membuatnya bisa menjalankan aplikasi YouTube dan Netflix.

Samsung UA32TA4001 telah dibekali dengan fitur DVB T2, sehingga bisa dipakai untuk nonton siaran TV digital tanpa harus memakai perangkat tambahan STB. Harga Smart TV digital ini adalah Rp 1.980.000.

Baca juga: Cara Memasang Set Top Box di TV Non-digital

3. Changhong L32G7N

Ilustrasi Smart TV digital Changhong L32G7N.Changhong.co.id Ilustrasi Smart TV digital Changhong L32G7N.

Changhong L32G7N memiliki dimensi layar 32 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Untuk audionya, Smart TV digital ini telah didukung dengan fitur Dolby Audio. Changhong L32G7N menjalankan sistem operasi Android 11 dan mendukung layanan Google Assistant.

Kemudian, selain koneksi WiFi, fitur konektivitas pada Changhong L32G7N juga meliputi DVB T2 yang berfungsi untuk menangkap sinyal siaran digital. Harga Smart TV digital ini adalah Rp 2.050.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com