Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Icon Group Tables di Microsoft Word Beserta Fungsinya

Kompas.com - 21/08/2022, 14:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Microsoft Word pengguna tak jarang perlu menyisipkan tabel. Tabel di sini berguna untuk menyajikan data lebih ringkas. Tak hanya itu tabel juga berfungsi mengklasifikasikan data pengguna lebih rapi dalam pemaparannya.

Untuk membuat tabel di Microsoft Word cukup mudah. Pengguna hanya perlu menuju menu ‘Insert’ dan pilih ‘Table’. Di fitur icon group tables ini pengguna bisa kembali memilih beragam fitur sesuai fungsinya.

Beberapa fitur tersebut antara lain ‘Insert Table’, ‘Draw Table’, ‘Convert Text to Table’, ‘Excel Spreadsheet’, ‘Quick Tables’. Lantas apa fungsi-fungsi icon group tables tersebut? Selengkapnya berikut ini penjelasan ringkasnya.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Tabel Microsoft Word dengan Mudah

Insert Table

Fitur ini berguna untuk menyisipkan tabel melalui dialog box. Sebelum menggunakannya Anda perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns. Setelah itu tentukan jumlah kotak ke bawahnya di Number of Rows.

Jumlah tabel dan kolom tidak dibatasi sehingga Anda bisa menyisipkan tabel sesuai yang Anda inginkan.

Tabel di Microsoft Word yang sudah diubah menjadi menjadi gambar.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tabel di Microsoft Word yang sudah diubah menjadi menjadi gambar.

Draw Table

Fitur ini memiliki fungsi untuk membuat tabel secara manual dengan menggambar pada dokumen. Saat icon ini diklik, pointer mouse langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Anda bisa melakukan drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel berbentuk kotak.

Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun tidak menghilangkan ekstensinya sebagai tabel. Bila pengguna membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu tabel.

Baca juga: Cara Mengubah Tabel Menjadi Gambar di Microsoft Word

Convert Text to Table

Fitur ini berguna untuk mengkonversi paragraf yang dipilih menjadi bentuk tabel. Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Jika pengguna memiliki hanya dua paragraf yang terseleksi maka nantinya akan menghasilkan hanya dua kotak atas-bawah.

Excel Spreadsheet

Menu satu ini berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel. Melalui fitur ini Anda dapat dengan mudah memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar kerja Excel.

Jadi menu ini memudahkan pengguna dapat menghadirkan data Excel meskipun sedang bekerja di aplikasi Microsoft Word.

Quick Table

Menu ini menghadirkan beberapa template tabel yang sudah tersedia di Microsoft Word. Anda dapat memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut Anda dapat memilih desain kalender, tabular list, subheads, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com