Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Pamer Desain Controller PS5 Baru, "Stik" Analog Kini Bisa Diganti Sendiri

Kompas.com - 24/08/2022, 11:31 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony mengumbar desain controller PlayStation 5 (PS5) terbaru mereka dalam pameran game sesi "Gamescom Opening Night Live" yang digelar pekan ini.

Sekilas, controller (pengendali) atau gamepad anyar bernama DualSense Edge Wireless Controller ini memiliki desain dan warna serupa dengan DualSense Wireless Controller. Artinya, aksesori wajib untuk PS5 itu masih dihiasi dengan balutan warna hitam dan putih.

Hanya saja, ada sejumlah pembaruan yang diterapkan Sony demi membuat DualSense Edge  tampak mencolok dari versi DualSense sebelumnya, terutama di bagian atau modul "stik" analog.

Baca juga: YouTuber Sulap PlayStation 5 Jadi Lebih Ramping dan Adem

Kini, "tuas" yang terletak di sebelah kiri dan kanan bawah perangkat, yang tentunya bisa berputar 360 derajat, bisa dicopot-pasang dengan mudah.

Biasanya, stik analog ini sulit untuk dicopot, lantaran pengguna harus membongkar seluruh bodi perangkat untuk sekadar mengganti stik analog.

Namun kini, pengguna bisa menggantinya dengan mudah dengan cara membuka pelapis (cover) di sekeliling stik analog saja, sehingga tak perlu repot mempreteli seluruh bodi controller.

Desain controller PS5 DualSense Edge Wireless Controller.Sony Desain controller PS5 DualSense Edge Wireless Controller.

 

Selain stik analog, DualSense Edge juga kini dibekali dengan dua buah tombol ekstra yang terletak di balik stik analog (berbentuk pipih seperti kapsul), serta dua buah tuas yang terletak di bagian atasnya. 

Tombol pipih tersebut bisa digunakan untuk fungsi tombol ekstra sesuai dengan keinginan pengguna, sedangkan tuas bisa digeser-geser untuk mengatur tingkat kedalaman (travel distance) tombol trigger L1/R1 atau L2/R2.

Baca juga: AMD Bikin PlayStation 5 Versi PC

Jika pengguna ingin tombol L1/R1 memiliki respons cepat dan memiliki travel distance rendah, misalnya, mereka bisa memindahkan tuas yang berada di sebelah kiri ke bawah, begitu juga sebaliknya.

Desain Sony DualSense Edge Wireless Controller dari bagian belakang.Sony Desain Sony DualSense Edge Wireless Controller dari bagian belakang.

Di samping itu, pengguna kini juga bisa menyimpan sejumlah profil pengaturan DualSense Edge mereka, seperti fungsi-fungsi tombol ekstra, untuk game berbeda.

Dengan kata lain, pengguna bisa mengatur fungsi gamepad terpisah untuk game balap mobil, sepakbola, petualangan, dan lain sebagainya agar tidak repot untuk mengatur ulang fungsi controller.

Baca juga: PlayStation 5 Berlapis Emas 4,5 Kg Dijual Rp 7 Miliar

Ada pula tombol "Fn" untuk berpindah profil pengaturan controller dengan mudah, aneka fitur lainnya yang ada di DualSense "reguler" macam haptic feedback dan adaptive triggers, serta konektor USB-C untuk mengisi daya perangkat.

Untuk kabel pengisi daya, pengguna juga bakal mendapatkan kabel berpola kepang (braided) yang disertai dengan cangkangnya (case) dalam pembelian DualSense Edge, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BlogPlayStation, Rabu (24/8/2022).

Meski desain dan bonus kabelnya sudah diumbar, Sony belum mengumumkan kapan DualSense Edge Wireless Controller ini diluncurkan. Begitu pula dengan ketersediaan dan harganya.

Namun, mereka berjanji bakal memberikan informasi lebih dalam terkait controller tersebut dalam beberapa bulan ke depan. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com