Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS VR2 Dipastikan Meluncur Awal 2023

Kompas.com - 24/08/2022, 13:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021, PlayStation VR2 (PS VR2) dipastikan meluncur pada awal tahun 2023.

Informasi kedatangan konsol game berbasis Virtual Reality (VR) ini pertama kali diumumkan PlayStation Perancis pada Selasa (23/8/2022).

Melalui sebuah posting, akun Twitter PlayStation Perancis mengunggah foto PS VR2 berikut keterangan waktu peluncuran konsol.

"Tersedia awal 2023. #PSVR2," tulis akun dengan handle @PlayStationFR.

Baca juga: Sony Pamer Controller VR untuk PS5, Begini Bentuknya

Tidak lama usai postingan tersebut diunggah, PlayStation UK juga mengumumkan hal yang serupa di Twitter.

Akun Twitter yang kerap memberikan informasi terbaru seputar konsol PlayStation untuk warga negara Inggris tersebut memastikan bahwa konsol PS VR2 bakal dirilis pada awal tahun 2023.

Meski telah diumumkan, Sony masih belum mengungkap secara pasti tanggal peluncuran PlayStation VR generasi kedua tersebut.

Dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (24/8/2022), PS VR2 akan mampu mendukung lebih dari 20 game, di antaranya seperti Resident Evil Village, Resident Evil 4 Remake dan Horizon Call of the Mountain.

Spesifikasi PS VR2

Pada awal tahun lalu, Sony telah membagikan rupa dan spesifikasi dari PS VR2. Konsol ini dipastikan bakal dilengkapi dengan layar OLED 4K HDR (2.000 x 2.040 piksel) yang mendukung refresh rate 90-120 Hz.

Baca juga: Sama-sama Bisa Main Game Gratis, Ini Beda Xbox PC Game Pass dan PS Plus

Raksasa teknologi asal Jepang tersebut membekali Headset VR ini dengan kemampuan bidang pandang yang mampu mencapai 110 derajat.

Setidaknya ada tiga teknologi baru yang akan hadir di PS VR2, mencakup Eye Tracking, headset feedback, dan Tempest 3D Audio.

Eye Tracking merupakan sebuah fitur yang diklaim mampu melacak dan mendeteksi pergerakan mata pengguna saat menggunakan perangkat.

Sedangkan Headset feedback dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain game lewat sensor getaran.

Sebagai contoh, pemain PS VR2 diklaim mampu dapat merasakan denyut nadi karakter yang meningkat pada momen-momen menegangkan, deru objek yang lewat di dekat kepala karakter, hingga sensasi dorongan saat kendaraan yang dinaiki karakter melaju ke depan.

Layaknya controller DualSense milik PlayStation 5 (PS5), pengendali PS VR2 turut disertai fitur Tempest 3D Audio Tech untuk membantu menciptakan suara di sekitar pemain seakan-akan menjadi lebih hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com