Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 24/08/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber cdw.com

KOMPAS.com- Secara definisi, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi berbagai informasi (data) dan sumber daya secara bersamaan, seperti akses koneksi internet dan perangkat cetak (printer).

Dengan jaringan komputer, pengguna dapat mengoperasikan beberapa komputer sekaligus dengan mudah. Contoh dari pemanfaatan jaringan komputer yang cukup sering dijumpai adalah pengoperasian warnet (warung internet).

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya

Lewat jaringan komputer, admin warnet bisa mengatur kecepatan internet yang dapat diakses oleh tiap komputer pengguna (klien). Selain itu, admin juga bisa membatasi komputer klien untuk mengunjungi situs-situs tertentu.

Supaya jaringan komputer bisa beroperasi, diperlukan beberapa infrastruktur yang mendukung, salah satunya seperti penggunaan perangkat lunak. Lalu, apa yang dimaksud dengan perangkat lunak jaringan komputer? Begini penjelasannya.

Pengertian perangkat lunak jaringan komputer

Pengertian perangkat lunak jaringan komputer secara sederhana adalah program software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan pengoperasian dan pemantauan lalu lintas data dalam struktur jaringan komputer.

Perangkat lunak jaringan komputer memiliki peran untuk membantu pengguna admin (administrator) dalam mengontrol kompleksitas jaringan dengan lebih baik.

Perangkat lunak jaringan komputer dapat memudahkan interaksi antar komputer dalam satu jaringan dengan adanya fasilitas atau fitur-fitur seperti komunikasi, keamanan, pengoperasian konten, dan berbagi data.

Selain itu, perangkat lunak jaringan komputer juga dapat membantu menyediakan dukungan teknis pada pengguna bila terjadi kesalahan pengoperasian.

Misalnya, saat terjadi kerusakan komputer dalam satu jaringan, masalah kehilangan data dapat diminimalisir lantaran sebelumnya telah diamankan atau dibagikan ke komputer lain secara otomatis, berkat penggunaan perangkat lunak jaringan komputer.

Untuk memudahkan pengoperasian itu, terdapat beberapa jenis perangkat lunak jaringan komputer. Lantas, apa saja perangkat lunak jaringan komputer? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah macam-macam perangkat lunak jaringan komputer dan contohnya.

Macam-macam perangkat lunak jaringan komputer

1. Perangkat lunak manajemen aset

Jenis perangkat lunak jaringan komputer yang pertama adalah perangkat lunak manajemen aset (asset management software). Perangkat lunak manajemen aset biasanya terpasang di komputer pusat atau server.

Fungsi dari perangkat lunak ini adalah untuk memantau dan melacak metrik penggunaan sumber daya dan lalu lintas data pada perangkat-perangkat yang terhubung di satu jaringan. Salah satu contoh perangkat lunak ini adalah SolarWind Asset Management.

2. Perangkat lunak pengarsipan data

Kedua, terdapat jenis perangkat lunak jaringan komputer berupa perangkat lunak pengarsipan data (data archiving software). Fungsinya adalah untuk membantu mengarsipkan data yang tak terpakai lagi dalam jangka waktu cukup lama.

Data archiving software membantu mengamankan berbagai data yang sudah jarang diakses, namun masih penting untuk keperluan pengarsipan. Adapun contoh dari jenis perangkat lunak ini adalah HPE OmniStack dan Nutanix AOS.

3. Perangkat lunak penyebaran dan perpindahan data

Ketiga, terdapat perangkat lunak penyebaran dan perpindahan data (deployment and migration software). Jenis perangkat lunak jaringan komputer ini memiliki fungsi untuk memantau penyebaran data ke beberapa komputer dalam satu jaringan.

Halaman:
Sumber cdw.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com