Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A04 Meluncur Global, Sudah Lolos TKDN Indonesia

Kompas.com - 24/08/2022, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Samsung diam-diam menambah anggota baru dari lini smartphone Galaxy A series, yakni dengan meluncurkan Samsung Galaxy A04 secara global, Rabu (24/8/2022). Ponsel ini sudah muncul di halaman resmi Samsung. 

Sebagai suksesor dari Samsung Galaxy A03 yang diluncurkan lebih dulu pada November 2021 lalu, smartphone ini tidak terlalu membawa perubahan yang signifikan.

Misalnya, punya kesamaan dari aspek daya, layar, dan kamera. Hanya saja, Samsung A04 kali ini hadir dengan desain punggung ponsel yang lebih minimalis dibanding Samsung Galaxy A03.

Ponsel ini juga diketahui sudah lolos TKDN di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Samsung Galaxy A04 Meluncur Global, Sudah Lolos TKDN Indonesia

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Sebagai ponsel entry-level, Samsung A04 mengusung layar LCD HD Plus dengan bentang seluas 6,5 inci. Dimensi dari perangkat ini adalah 164,4 x 76,3 x 9,1 mm dengan bobot 192 gram, lebih ringan sedikit dibanding Samsung A03 (196 gram).

Dari segi tampilan, Samsung Galaxy A04 dibekali layar Infinity-V, dengan poni tetesan air (waterdrop) sebagai rumah dari kamera depan (selfie) 5 MP.

Sementara itu, di bagian punggung ponsel terdapat dua sensor kamera yang dibenamkan di bodi tanpa modul kamera.

Kamera tersebut terdiri dari 50 MP (f/1.8) kamera utama dan 2 MP (f/2.4) untuk kamera kedalaman (depth sensor). Kedua kamera tersebut akan ditemani oleh lampu kilat LED.

Beralih ke bagian dapur pacu, Samsung A04 ditenagai oleh chipset octa-core. Tidak disebutkan jenis chipset-nya namun diduga adalah Exynos 850.

Chipset, yang masih belum diketahui ini, bakal dipadankan nantinya dengan tiga varian RAM dan media penyimpanan, masing-masing 4/6/8 GB RAM dan 32/64/128 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan tersebut bakal bisa diperluas dengan slot microSD yang tersedia.

Untuk aspek dayanya, perangkat ini ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000mAH, sedangkan sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 12 dengan tampilan antarmuka One UI Core 4.1.

Fitur lain yang didukung ponsel entry-level ini yakni dual SIM, mendukung jaringan 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS, USB-C, dan jack audip 3,5 mm.

Baca juga: Samsung Bikin Komponen Galaxy Z Fold 4 dkk dari Jaring Ikan Daur Ulang

Perkiraan harga

Varian warna Samsung Galaxy A04 terdiri dari empat pilihan warna, yakni Hitam, Putih, Hijau, dan Copper (Cokelat).

Sedangkan untuk ketersediaan dan harganya masih belum belum dijelaskan lebih lanjut. Dari bocoran yang beredar, perangkat ini dapat dibanderol seharga 169 euro setara dengan Rp 2,5 jutaan.

Lolos TKDN Indonesia

Belum diketahui apakah Samsung A04 akan hadir di Indonesia atau tidak. Namun, dari pantauan KompasTekno, ponsel ini sudah muncul dan berhasil mengantongi sertifikasi di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenprin).

Di laman tersebut, ponsel ini tercantum dengan nomor model Samsung SM-A045F dan memiliki nilai TKDN 35,6 persen.

Nomor model SM-A045F sendiri mengarah pada Samsung Galaxy A04. Kemungkinan besar, perangkat tersebut bakal segera hadir ke Tanah Air dalam waktu dekat. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com