Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
FOLDABLE SMARTPHONE

FOLDABLE SMARTPHONE

Resmi Meluncur di Indonesia, Begini Desain dan Durabilitas Smartphone Lipat Terbaru Samsung

Kompas.com - 24/08/2022, 20:09 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone kekinian adalah daya tahan perangkat. Hal ini bertujuan untuk menjamin rasa aman saat digunakan.

Adapun daya tahan smartphone bisa dinilai dari sejumlah hal, mulai dari tahan terhadap benturan saat terjatuh, kebal dari paparan air, hingga tidak mudah tergores. Durabilitas smartphone penting bagi pengguna. Utamanya, pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, kerap beraktivitas di luar ruangan, dan sering menggunakan smartphone untuk bermain bersama anak.

Memahami hal tersebut, Samsung pun menjamin ketahanan tiap smartphone yang dikeluarkan jenama asal Korea Selatan tersebut. Contohnya, Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G yang punya daya tahan andal untuk mendukung rutinitas dan mobilitas sehari-hari.

Sebagai pionir sekaligus pemimpin industri foldable smartphone, Samsung menghadirkan beragam inovasi dan teknologi terbaru sehingga durabilitas perangkat ini tak lagi diragukan.

Baca juga: Serasa Kantongi PC, Ini 4 Keunggulan Galaxy Z Fold4 5G untuk Tunjang Produktivitas

Berikut adalah deretan inovasi dan teknologi yang dihadirkan Samsung dalam menjamin daya tahan Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G.

1. Tahan dilipat lebih dari 200.000 kali

Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G didesain dengan ketahanan tinggi sehingga cocok digunakan untuk menunjang keseharian.

Pengguna bisa melipat Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G dengan lebih nyaman berkat teknologi Ultra Thin Glass yang telah melewati tes pelipatan secara ketat. Uji ini menjadikan layar perangkat tahan dilipat lebih dari 200.000 kali. Ketahanan dua foldable smartphone itu juga didukung dengan engsel yang lebih ramping dan kuat dalam menopang perangkat.

Hal menarik lain adalah Galaxy Z Fold4 5G didesain lebih ramping dan ringan ketimbang seri pendahulunya. Hal ini dikarenakan sistem engsel dan struktur lapisan layar terbaru yang lebih ringkas sehingga berkontribusi terhadap penurunan berat perangkat hingga 8 gram (gr).

Baca juga: Samsung Bikin Komponen Galaxy Z Fold 4 dkk dari Jaring Ikan Daur Ulang

Tak hanya Galaxy Z Fold4 5G, Samsung juga menyuguhkan desain ramping Galaxy Z Flip4 5G. Tepi bodi smartphone ini diluruskan serta memiliki bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy.

2. Material tangguh Armor Aluminum dan Gorilla Glass Victus Plus

Samsung menggunakan dua material paling berkualitas dalam memproduksi Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G, yaitu Armor Aluminum untuk rangka bodi dan pelindung engsel, serta Gorilla Glass Victus Plus untuk cover screen dan bodi belakang. Dengan begitu, kedua perangkat foldable ini lebih tahan goresan dan kuat terhadap benturan ketika terjatuh.

Selain itu, kedua smartphone lipat tersebut juga sudah memiliki sertifikasi IPX8. Jadi, perangkat akan tetap aman saat ketumpahan air minum, basah oleh hujan, maupun tercebur air dalam waktu lama.

Untuk diketahui, Galaxy Z Series merupakan satu-satunya lini foldable smartphone yang mendapatkan sertifikasi ketahanan air IPX8 untuk memberikan daya tahan terbaik setiap kali digunakan.

Baca juga: Kamera Selfie Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 Diklaim Lebih Andal Meski Pakai Spesifikasi Warisan

Tak hanya Galaxy Z Fold4 5G, Samsung juga menyuguhkan desain ramping Galaxy Z Flip4 5G. Tepi bodi smartphone ini diluruskan serta memiliki bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy.
Dok. Samsung Tak hanya Galaxy Z Fold4 5G, Samsung juga menyuguhkan desain ramping Galaxy Z Flip4 5G. Tepi bodi smartphone ini diluruskan serta memiliki bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy.

3. Bergaya kekinian dengan warna stylish

Selain andal dari segi performa dan durabilitas, Galaxy Z Flip4 5G juga memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin tampil stylish.

Galaxy Z Flip4 5G dikemas dengan desain premium serta warna khas, yaitu Bora Purple dan Graphite, dan varian warna baru Pink Gold dan Blue.

Selain itu, ada pula Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition yang tersedia di 28 negara yang menawarkan 75 kombinasi warna pada bodi kaca dan pilihan rangka perangkat. Dengan begitu, pengguna dapat mengatur tampilan perangkatnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com