Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Fitur IG Candid Challenges, Mirip Medsos BeReal

Kompas.com - 25/08/2022, 15:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram kabarnya sedang menguji fitur baru yakni "IG Candid Challenges". Informasi uji coba fitur ini mulanya ditemukan oleh Alessandro Paluzzi, seorang reverse engineer yang sering membocorkan bakal fitur baru media sosial populer, seperti Instagram.

Dia membagikan temuannya di Twitter dengan handle @alex193a. Dalam twit itu, Paluzzi mengunggah screenshot notifikasi fitur IG Candid. Banner notifikasi itu juga menjelaskan singkat tentang fitur IG Candid Challenges yang akan "menantang" pengguna membagikan foto langsung secara acak setiap hari.

Jadi, nantinya pengguna akan mendapat notifikasi setiap dua menit sekali untuk memotret objek apa pun secara acak, lalu mengunggahnya ke Instagram Story.

Baca juga: Instagram Reels Kini Bisa Dibagikan Langsung ke Facebook

"Tambahkan IG Candid lainnya ke Stories Anda. Setiap hari di waktu yang berbeda, dapatkan notifikasi untuk memotret dan membagikan foto dalam 2 menit," demikian bunyi keterangan Instagram terkait cara kerja fitur IG Candid.

Belum diketahui kapan fitur ini akan mendarat di aplikasi Instagram. Dalam keterangannya Meta, induk Instagram mengonfirmasi uji coba fitur ini.

Hanya saja, Meta mengeklaim bahwa fitur IG Candid Challenges baru diuji coba secara internal oleh perusahaan. Jadi belum dapat dipastikan kapan IG Candid bisa dicoba pengguna Instagram.

"Fitur ini adalah prototipe internal dan bukan pengujian eksternal," kata juru bicara Meta, Christine Pai, dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Pengguna iPhone, Hati-hati Klik Link di Facebook dan Instagram

Jiplak fitur media sosial BeReal?

Sayangnya fitur itu disinyalir menjiplak fitur dari BeReal, yaitu aplikasi media sosial asal Prancis yang tengah naik daun karena memanfaatkan kamera depan dan belakang ponsel untuk membuat konten.

Paluzzi dalam cuitannya juga menyebutkan bahwa fitur IG Candid terinspirasi dari BeReal.

BeReal sendiri memiliki fitur sama persis seperti informasi petunjuk penggunaan IG Candid, yang mengajak pengguna mengunggah konten secara acak, setiap hari, dalam selang waktu 2 menit. Foto tersebut bisa diambil baik dari kamera depan maupun belakang, secara bersamaan.

Tak hanya kali ini saja, beberapa waktu lalu Instagram juga diduga menjiplak fitur BeReal melalui fitur yang disebut Dual. Fitur Dual memungkinkan pengguna mengambil foto dan video dari kamera depan dan belakang sekaligus. Karena konsepnya yang dinilai identik, fitur ini lantas diduga menyalin BeReal.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Baru yang Mirip Medsos BeReal

Kendati demikian, menurut salah satu mantan desainer produk di Instagram, fitur Dual sebenarnya sudah dikembangkan selama beberapa tahun. Hanya saja peluncuran fitur itu bersamaan dengan viralnya aplikasi BeReal.

Selain BeReal, beberapa fitur Instagram juga pernah disebut-sebut meniru aplikasi media sosial pesaingnya. Sebut saja Instagram Stories yang tampak meniru Stories Snapchat, hingga Instagram Reels yang menyalin konsep TikTok.

Namun praktik ini juga dilakukan oleh perusahaan teknologi lainnya guna memberikan pengalaman yang sedang digandrungi pengguna. Misalnya saja Youtube Shorts yang dihadirkan untuk memberikan pengalaman video singkat seperti TikTok hingga Twitter Space untuk menyaingi popularitas Clubhouse.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com