Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan iPhone 14 dan Apple Watch 8 Rilis?

Kompas.com - 26/08/2022, 15:03 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple dipastikan menggelar acara bertajuk Apple Event pada 7 September nanti. Raksasa teknologi ini sudah mengonfirmasi pihaknya akan menggelar acara tersebut di Apple Park, Cupertino tepatnya di Steve Jobs Theater.

Acara ini merupakan hajatan pertama Apple yang digelar secara offline di dalam ruangan tertutup untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, konferensi pengembang (WWDC) yang dihelat bulan Juni lalu saja digelar di luar ruangan.

Menilik tradisi perusahaan, Apple biasanya meluncurkan sejumlah produk baru dalam ajang Apple Event, termasuk iPhone generasi baru sebagai produk utama hingga smartwatch.

Baca juga: Apple Bikin Acara 7 September, Rilis iPhone 14?

Dalam Apple Event yang digelar September nanti, iPhone baru yang diprediksi bakal diluncurkan perusahaan adalah iPhone 14 series. Tak hanya iPhone 14, Apple juga diprediksi akan menghadirkan arloji pintar baru yang konon disebut Apple Watch Series 8.

Apple sendiri memang tidak pernah memberikan bocoran apapun terkait produk yang bakal dirilis perusahaan. Meski demikian, beberapa bocoran yang beredar di internet, bisa menjadi gambaran.

iPhone 14 series

Perubahan terbesar dari iPhone 14 dibanding iPhone generasi sebelumnya yaitu soal ukuran ponsel. iPhone 14 kabarnya akan hadir dalam empat model seperti pendahulunya, namun iPhone 14 tak akan dilengkapi model "mini".

Sebagai gantinya, Apple menetapkan dua ukuran baik untuk varian "reguler" maupun varian Pro. Keempat model tersebut terdiri dari iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Baca juga: Bocoran iPhone 14, Tidak Ada Versi Mini dan Pakai Chip Lama?

Menurut analis yang dikenal dengan bocoran terkait produk Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 14 Pro akan menggunakan layar berlubang untuk mengakomodir kamera depan perangkat.

Lubang layarnya juga akan berbeda dibanding ponsel lainnya karena selain menunjang kamera depan, komponen itu juga bertugas mengakomodir sensor Face ID.

Desain layar iPhone 14 tanpa poni.macrumors Desain layar iPhone 14 tanpa poni.

Hal tersebut menjadi perubahan besar pada aspek desain iPhone 14 dibanding pendahulunya.

Meski demikian, iPhone 14 reguler yang meliputi iPhone 14 dan iPhone 14 Max kabarnya masih akan dikemas dengan layar berponi. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, perubahan desain iPhone yang lebih signifikan kabarnya akan dijumpai pada tahun 2023.

Baca juga: Foto Dummy iPhone 14 Pro Beredar, Beneran Pakai Punch Hole?

Peningkatan lainnya kabarnya diterapkan Apple pada aspek kamera. Baik Kuo maupun Gurman berkata iPhone 14 Pro akan dilengkapi kamera belakang 48 MP, lebih besar dibanding iPhone 14 yang kemungkinan dibekali kamera 12 MP.

Khusus model Pro, dapur pacunya akan ditenagai oleh chipset baru bertajuk A16. Lain dengan model standar/reguler yang akan ditenagai chip A15. Dirangkum KompasTekno dari Mashable, Jumat (26/8/2022), peningkatan lainnya yang akan diterapkan Apple kabarnya adalah soal lensa telefoto serta peningkatan baterai untuk model Pro.

Soal harganya, Apple memang belum memberikan bocoran sama sekali. Namun menurut Kuo, harga iPhone 14 Pro akan naik sekitar 15 persen dibanding iPhone 13 Pro yang saat itu dibanderol seharga 1.000 dollar AS.

Baca juga: Bocoran Lengkap iPhone 14: Desain, Spesifikasi, Harga, hingga Tanggal Peluncuran

Apple Watch Series 8

Menurut Mark Gurman, Apple Watch Series 8 akan hadir dalam tiga model. Model pertama yaitu Apple Watch Series 8 "reguler" memiliki ukuran 41 mm dan 45 mm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com