Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Tagihan PDAM Online dengan Mudah via Tokopedia

Kompas.com - 28/08/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cek tagihan langganan layanan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) kini bisa dilakukan secara online melalui berbagai platform. Untuk diketahui, PDAM adalah badan usaha milik daerah yang menyediakan kebutuhan air bersih pada masyarakat.

Hampir tiap kota atau kabupaten di Indonesia terdapat kantor PDAM. Masyarakat yang hendak mengakses layanan PDAM, seperti cek tagihan langganan, bisa langsung mengunjungi kantor PDAM setempat.

Baca juga: Link Penukaran Uang Rupiah Baru 2022 serta Syaratnya

Cek tagihan langganan layanan PDAM perlu senantiasa untuk dilakukan. Pasalnya, masyarakat yang terdaftar sebagai pelanggan harus membayar tagihan PDAM tiap bulan secara tepat waktu atas penggunaan layanan air bersih.

Bila telat atau tidak membayar tagihan, pelanggan bakal dikenakan denda dengan besaran yang berbeda-beda sesuai ketentuan dari masing-masing kantor PDAM di tiap daerah. Supaya terhindar dari masalah telat bayar, pelanggan bisa cek tagihan PDAM online.

Lantas, bagaimana cara mengecek tagihan air PDAM secara online? Cek tagihan PDAM online bisa dilakukan lewat aplikasi Tokopedia secara mudah. Bila Anda hendak cek tagihan PDAM online, berikut adalah cara cek tagihan PDAM online lewat Tokopedia.

Cara cek tagihan PDAM online lewat Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel, pastikan telah login menggunakan akun Anda.
  • Pada halaman awal aplikasi klik menu “Menu Lainnya”.
  • Setelah itu, pilih menu “Tagihan” dan klik “Air PDAM”.
  • Masukkan data provinsi dan kota/kabupaten tempat Anda terdaftar sebagai pelanggan PDAM.
  • Masukkan pula nomor pelanggan atau ID pelanggan PDAM milik Anda, lalu klik opsi “Cek Tagihan”. Selanjutnya, jumlah tagihan PDAM bakal muncul.

Ilustrasi cara cek tagihan PDAM online lewat Tokopedia.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek tagihan PDAM online lewat Tokopedia.

Cek tagihan PDAM online lewat cara di atas cukup mudah untuk dilakukan. Sebagai informasi tambahan, bila jumlah tagihan PDAM telah muncul, Anda bisa juga untuk melakukan pembayarannya di Tokopedia.

Pembayaran PDAM via Tokopedia bisa dilakukan lewat transfer bank BCA, BRI, MANDIRI, BNI, dan CIMB Niaga. Atau, bisa juga lewat dompet digital seperti OVO dan GoPay. Pembayaran PDAM itu akan diverifikasi hingga maksimal 1x24 jam hari kerja.

Baca juga: Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Rupiah Baru 2022 via PINTAR BI

Sementara itu, perlu untuk diketahui, cara di atas dijajal pada ponsel dengan sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah yang dipakai untuk mengakses Tokopedia, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Demikianlah penjelasan seputar cara cek tagihan PDAM online lewat Tokopedia dengan mudah, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com