Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Tagihan PDAM Online lewat Shopee dengan Mudah

Kompas.com - 29/08/2022, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tersedia hampir di seluruh kota atau kabupaten di Indonesia. Untuk mengakses layanan PDAM, masyarakat bisa mengunjungi kantor tersebut. Misalnya, saat hendak cek tagihan langganan layanan PDAM.

Sebagai salah satu badan usaha milik daerah, PDAM memiliki layanan utama untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi pelanggan setempat. Layanan PDAM tersebut tidaklah gratis.

Baca juga: Link Penukaran Uang Rupiah Baru 2022 serta Syaratnya

Masyarakat perlu terdaftar sebagai pelanggan PDAM dan membayar tagihan biaya langganan tiap bulannya. Bila telat atau tidak bayar tagihan PDAM, pelanggan bakal dikenakan denda dengan jumlah sesuai ketentuan kantor PDAM di tiap wilayah.

Oleh karena itu, untuk menghindari telat bayar, pelanggan senantiasa perlu cek tagihan PDAM secara berkala. Selain dengan mengunjungi langsung ke kantor, cek tagihan PDAM bisa juga dilakukan secara online.

Lantas, bagaimana cara mengecek tagihan air PDAM secara online? Cek tagihan PDAM online bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi marketplace, salah satunya seperti Shopee. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek tagihan PDAM online lewat Shopee.

Cara cek tagihan PDAM online lewat Shopee

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel, pastikan telah login menggunakan akun Anda.
  • Pada halaman awal aplikasi klik menu “Pulsa, Tagihan & Tiket”.
  • Setelah itu, pilih menu “PDAM”.
  • Masukkan data kota atau kabupaten tempat Anda terdaftar sebagai pelanggan PDAM.
  • Masukkan pula nomor pelanggan atau ID pelanggan PDAM milik Anda, lalu klik opsi “Lanjutkan”. Selanjutnya, jumlah tagihan PDAM bakal muncul.

Ilustrasi cara cek tagihan PDAM online lewat Shopee.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek tagihan PDAM online lewat Shopee.

Cukup mudah bukan untuk cek tagihan PDAM online lewat Shopee? Sebagai informasi tambahan, bila jumlah tagihannya telah muncul, Anda juga bisa melakukan pembayaran PDAM dengan memilih metode yang tersedia di Shopee.

Untuk bayar PDAM via Shopee, caranya bisa dilakukan lewat transfer ke Virtual Account bank BCA, BRI, MANDIRI dan BNI. Atau, bisa juga lewat dompet digital ShopeePay.
Pembayaran PDAM tersebut akan diverifikasi hingga maksimal 1x24 jam hari kerja.

Baca juga: Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Rupiah Baru 2022 via PINTAR BI

Sementara itu, perlu diketahui, cara di atas sendiri dijajal pada ponsel dengan sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah yang dipakai untuk mengakses aplikasi Shopee, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Itulah penjelasan seputar cara cek tagihan PDAM online lewat Shopee dengan mudah, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com