Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet Bakal Punya Fitur Mute-Unmute Mirip Zoom

Kompas.com - 30/08/2022, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google mengumumkan bakal menambah fitur baru untuk unmute pengguna saat melakukan pertemuan online. Informasi tersebut diumumkan melalui blog resminya yang berjudul “Google Workspace Updates”.

Fitur tersebut nantinya memungkinkan pengguna untuk mute/unmute suara dengan cara menahan bilah spasi pada keyboard laptop ataupun PC. Lalu, bila ingin kembali membisukan (mute) suara, pengguna tinggal melepaskan bilah spasi.

Pengumuman bakal fitur yang dibawa oleh Google ini dinilai memiliki kesamaan dengan aplikasi Zoom. Sebab, Zoom juga memungkinkan penggunanya melakukan mute and unmute suara dengan cara menahan atau melepas bilah spasi.

Baca juga: Google Mulai Gabungkan Aplikasi Video Call Duo dan Meet

Pengguna aktif yang sering kali menggunakan Zoom, seharusnya sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Selain Zoom, juga ditemukan aplikasi-aplikasi lain yang menerapkan pintasan yang sama.

Misalnya, sebut saja Webex Cisco yang menggunakan pintasan Spasi untuk membisukan suara dan Microsoft Teams yang menggunakan pintasan Ctrl+Spasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (30/8/2022).

Terlepas dari kesamaan yang dimiliki, Google menyatakan bahwa peluncuran fitur pintasan (shortcut) membisukan suara bakal digulirkan pada 9 September 2022 mendatang. Fitur ini akan diluncurkan ke seluruh pelanggan ataupun pengguna Workspace yang menggunakan akun Google pribadi.

Akan tetapi, pihak perusahaan mungkin membutuhkan waktu tambahan sekitar kurang lebih 15 hari usai peluncuran. Dikarenakan Google melakukan peluncuran secara bertahap.

Baca juga: Cara Mute Mikrofon di Zoom lewat HP Android

Apabila fitur tersebut sudah digulirkan sepenuhnya, pengaturan soal mute and unmute suara ini tidak akan diatur secara default (fitur bawaan) oleh Google. Pengguna bakal tetap bisa memilih apakah ingin mengaktifkan fitur unmute atau tidak.

Ilustrasi Google Duo dan Meet9to5Google Ilustrasi Google Duo dan Meet

Google Meet dan Duo dilebur

Beberapa bulan lalu, Google juga sempat mengungkapkan rencananya untuk melebur dua aolikasi video chatting Google Meet dan Duo. Tujuannya agar dapat meningkatkan efisiensi dari kedua aplikasi.

Baca juga: TikTok Luncurkan Text-to-Image, Fitur Mirip Google Imagen

Sejauh ini, berdasarkan pantauan KompasTekno, pengumuman peleburan tersebut sudah muncul ketika membuka aplikasi Google Duo di dalam perangkat.

Rencana peleburan ini akan mengubah nama Google Meet versi lama menjadi “Meet Original”, sedangkan peleburan antara Duo dan Meet bakal dinamai “Google Meet”.

BIla mengacu pada laporan The Verge, peluncuran fitur Google Meet soal membisukan suara saat melakukan panggilan video cukup membuat bingung. Sebab, belum diketahui aplikasi Google Meet versi baru atau lama yang akan mendapatkan fitur ini.

Sampai artikel ini ditulis, Google masih belum memberikan respons atau penjelasan terkait pembaruan fitur ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com