Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan "Voice Chat" Discord Bakal Hadir di PS5 Tahun Depan?

Kompas.com - 30/08/2022, 12:55 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Mei 2021 lalu, Sony mengumumkan pihaknya menjalin kerja sama dengan layanan percakapan suara (voice chat) populer Discord.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan layanan Discord di ekosistem PlayStation, salah satunya PlayStation Network (PSN), demi memberikan pengalaman bermain game terbaik bagi para penggunanya.

Kini, sebuah rumor anyar menyebut bahwa layanan Discord bakal menyambangi konsol game PlayStation 5 (PS5). Hal ini disampaikan oleh seorang pembocor perangkat gaming di internet yang bernama Tom Henderson.

Baca juga: Ramai di Kalangan Gamer, Apa Itu Discord dan Bagaimana Cara untuk Streaming?

Dalam sebuah postingan di akun Twitter dengan handle @_Tom_Henderson_, dia mengatakan bahwa Discord nantinya bakal terintegrasi penuh dengan sistem PS5.

Artinya, pengguna bakal bisa menggunakan layanan percakapan suara dari Discord secara langsung di PS5 mereka.

Seperti diketahui, layanan Discord saat ini memang belum tersedia di PS5, dan pengguna harus menggunakan perangkat tambahan, seperti smartphone atau PC, untuk memakai Discord.

Adapun integrasi Discord di PS5 ini, lanjut Henderson, kemungkinan bakal terjadi di versi 7.00 yang bakal meluncur tahun depan.

Baca juga: Tahun Depan, Pengguna PlayStation Bisa Ngobrol Lewat Discord

"Discord versi 6.00 kemungkinan dirilis pada 7 September 2022 mendatang, dan integrasi Discord ke PS5 kemungkinan bakal hadir di versi 7.00 yang bakal dirilis 8 Maret 2023 mendatang, apabila tidak ada hambatan," klaim Henderson, dikutip KompasTekno dari Twitter, Selasa (30/8/2022).

Kemitraan Sony dan Discord

Aplikasi berbasis audio, Discordbusinessinsider.com Aplikasi berbasis audio, Discord

Belum bisa dipastikan apakah prediksi yang diberikan Henderson ini akurat atau tidak. Sebab, pihak Sony PlayStation juga belum mengumbar informasi apapun terkait integrasi Discord ke PS5.

Yang jelas, Sony sebelumnya mengumumkan bahwa pihaknya memang sudah bermitra,  bahkan menanamkan "sedikit investasi" ke Discord, sejak Mei 2021 lalu.

Dengan kemitraan tersebut, pengguna Discord bisa menghubungkan akun PSN mereka melalui aplikasi Discord di berbagai platform.

Baca juga: Sony Naikkan Harga PS5 di Sejumlah Wilayah

Setelah terhubung, pengguna Discord lantas bakal bisa melihat game apa saja yang sedang dimainkan pengguna lain di konsol Sony PlayStation yang terhubung dengan akun PSN, baik itu di PS4 maupun PS5.

Namun, pengguna masih tetap belum bisa menggunakan layanan voice chat Discord di konsol-konsol game bikinan Sony tersebut.

Nah, mengingat kemitraan ini sudah terjalin selama lebih dari satu tahun, bukan tidak mungkin langkah untuk mengintegrasikan Discord dan PS5 bakal benar-benar terwujud dalam beberapa bulan ke depan. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com