Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1, Chipset untuk Ponsel 5G Murah

Kompas.com - 30/08/2022, 14:40 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Pabrikan semikonduktor Qualcomm, hingga kini, telah meluncurkan tiga chipset berfabrikasi 4nm di bawah nomenklatur baru. Ketiga chipset itu adalah Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 (seri 8), serta Snapdragon 7 Gen 1 (seri 7).

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Qualcomm bersiap meluncurkan chipset seri 6 (sebelumnya seri 600) dengan fabrikasi 4nm dan skema penamaan baru, yang diyakini bernama Snapdragon 6 Gen 1.

Chipset ini disebut bakal digunakan untuk ponsel 5G di segmen mid-range (kelas menengah) dengan banderol harga yang relatif murah.

Baca juga: Qualcomm Ganti Nama Chip Snapdragon Jadi Lebih Simpel

Bila rumor ini akurat, chipset Snapdragon 6 Gen 1 bakal menjadi suksesor chip Snapdragon 695 yang diperkenalkan pada Oktober 2021.

Kabar kehadiran Snapdragon 6 Gen 1 ini berasal dari pembocor gadget kenamaan, Evan Blass. Dalam sebuah twit di akun ber-handle @evleaks, Evan Blass mengunggah gambar lembar spesifikasi yang diyakini miliki Snapdragon 6 Gen 1.

Bocoran spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1

Dari lembar spesifikasi tersebut, Snapdragon 6 Gen 1 diyakini bakal dibangun di atas fabrikasi 4nm dan dibekali CPU Kryo 2,2 GHz dan GPU Adreno. Belum ada informasi terkait jumlah core (inti) untuk chip ini.

Untuk aspek konektivitas, Snapdragon 6 Gen 1 konon dilengkapi dengan modem 5G X62 yang kompatibel dengan mmWave dan sub-6 5G. Sementara di aspek memori, chip ini bakal mendukung RAM LPDDR5 hingga 12 GB yang memiliki kecepatan 2.750 MHz, dengan penyimpanan internal UFS 3.1.

Baca juga: Qualcomm Jadi Sponsor Klub Sepak Bola Manchester United

Bocoran spesifikasi lainnya, chipset Snapdragon 6 Gen 1 diyakini mendukung layar dengan resolusi hingga Full HD Plus serta refresh rate hingga 120 Hz.

Untuk kamera, Snapdragon 6 Gen 1 mencakup prosesor pengolah gambar atau image signal processor (ISP) Spectra 12-bit yang bakal mendukung tiga kamera belakang 13 MP, pengaturan kamera ganda 25 MP dan 16 MP, atau kamera tunggal dengan resolusi 48 MP hingga 108 MP.

Smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1 juga disebut akan dapat merekam video 4K HDR pada 30 fps dan video slow-mo pada 240 fps pada 720p.

Fitur pendukung lain yang bakal dibawa ponsel 5G dengan chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 ini meliputi dukungan Bluetooth 5.2, WiFi 6E, dan Quick Charge 4 Plus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (30/8/2022).

Qualcomm sendiri belum mengumumkan soal kehadiran chipset Snapdragon 6 Gen 1 ini.

Baca juga: Riset Counterpoint: MediaTek Masih Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Global

Namun, Qualcomm diyakini bakal mengumumkan Snapdragon 6 Gen 1 bersamaan dengan Snapdragon 8 Gen 2 di panggung acara bertajuk "Snapdragon Summit" yang dijadwalkan bakal digelar pada 15-17 November 2022.

Meski begitu, ada kemungkinan pula, Qualcomm bakal mengumumkan Snapdragon 6 Gen 1 untuk ponsel 5G murah sebelum acara Snapdragon Summit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com