Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengaktifkan AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook untuk Terima Data

Kompas.com - 30/08/2022, 16:24 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sedang tidak bisa menerima data dari AirDrop? Tenang, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah itu, salah satunya dengan mengaktifkan AirDrop di perangkat Apple seperti iPhone, Macbook, atau iPad.

Sebagaimana umum diketahui, AirDrop merupakan fitur berbagi data (foto, video, dan lainnya) khusus untuk antar perangkat Apple saja. AirDrop secara default biasanya bakal otomatis aktif. Saat aktif, perangkat Apple bisa menerima data via AirDrop.

Baca juga: Apa itu AirDrop di iPhone? Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakannya

Namun, dalam kondisi tertentu, data tersebut tidak bisa diterima perangkat Apple lantaran AirDrop belum aktif. Oleh sebab itu, sebelum bisa menerima data, pengguna perlu untuk mengaktifkan AirDrop di perangkat Apple miliknya.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan AirDrop? Untuk mengaktifkan AirDrop, caranya bisa melalui opsi “AirDrop” yang terdapat di iPhone, iPad, atau Macbook. Begini penjelasan lengkap tiga cara mengaktifkan AirDrop di perangkat Apple.

3 cara mengaktifkan Airdrop

1. Cara mengaktifkan AirDrop di iPhone

  • Buka menu “Setting”.
  • Kemudian, pilih opsi “Umum” atau “General”.
  • Setelah itu, klik opsi “AirDrop”.
  • Terakhir, pastikan penerimaan AirDrop telah aktif. Lewat opsi tersebut, AirDrop bisa diatur untuk hanya bisa menerima dari kontak yang tersimpan atau semua pengguna perangkat Apple.

Ilustrasi cara mengaktifkan AirDrop di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengaktifkan AirDrop di iPhone.

2. Cara mengaktifkan AirDrop di iPad

  • Buka menu “Setting”.
  • Kemudian, pilih opsi “Umum” atau “General” dan klik “AirDrop”.
  • Setelah itu, pastikan AirDrop telah diatur untuk bisa menerima dari kontak yang tersimpan saja atau semua pengguna perangkat Apple.

3. Cara mengaktifkan AirDrop di Macbook

  • Buka aplikasi Finder.
  • Pilih menu “AirDrop”.
  • Pada opsi “Allow me to discovered by”, silakan pilih pengaturan AirDrop untuk bisa menerima dari kontak yang tersimpan saja atau semua pengguna perangkat Apple.

Ilustrasi cara mengaktifkan AirDrop di Macbook.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengaktifkan AirDrop di Macbook.

Bila pada opsi “AirDrop”, pengguna memilih opsi “Penerimaan Mati” maka perangkat Apple miliknya tak bakal bisa terdeteksi dan menerima kiriman file dari perangkat Apple milik pengguna lain via AirDrop.

Selain lewat menu “Settings”, mengaktifkan AirDrop di iPad dan iPhone, bisa juga dilakukan lewat menu pengaturan cepat atau Pusat Kontrol. Caranya, usap ujung layar bagian atas ke bawah. Bila Pusat Kontrol telah terbuka, pilih menu “AirDrop”.

Cukup mudah bukan untuk mengaktifkan AirDrop di perangkat Apple? Demikianlah penjelasan seputar cara mengaktifkan AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook.

Baca juga: 3 Cara Mengubah Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook

Sebagai informasi tambahan, seandainya dengan cara di atas AirDrop tetap tidak terdeteksi sehingga tak bisa menerima data, silakan baca di artikel ini “Kenapa AirDrop Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com