Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Fitur Tersembunyi iPhone yang Tidak Disadari Pengguna

Kompas.com - 30/08/2022, 19:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Sejumlah vendor ponsel termasuk Apple menghadirkan pembaruan (update) sistem operasi (OS) secara rutin. Selain memperbarui keamanan sistem, update itu juga seringkali menghadirkan fitur-fitur baru.

Sayangnya tidak semua pengguna memerhatikan fitur apa saja yang tersemat pada pembaruan itu, sehingga mereka tidak sadar akan adanya fitur yang mungkin berguna dan dapat membantu menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Outlet media Slash Gear melakukan survei terhadap 592 responden pengguna iPhone di Amerika Serikat (AS). Hasilnya, ada beberapa fitur baru iPhone yang tidak disadari sebagian kecil pengguna iPhone. Apa saja fitur itu?

Baca juga: iPhone 14 Akan Rilis Sebentar Lagi, Ini 4 Hal yang Paling Dinanti

Fitur menonaktifkan notifikasi

Berdasarkan hasil survei, sebesar 9,80 persen responden tidak mengetahui fitur untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi melalui menu "Pengaturan/Settings". Caranya adalah dengan membuka menu Pengaturan > Pemberitahuan > Saran Siri > lalu matikan aplikasi yang dikehendaki.

Pengguna juga bisa menyesuaikan notifikasi dengan mengubah pengaturan pemberitahuan di iPhone. Selengkapnya bisa disimak di tautan ini.

Ekstensi Safari

Slash Gear juga menanyakan beberapa fitur lain, seperti ekstensi ke peramban (browser) Safari. Hasilnya, fitur ekstensi ke peramban Safari di iPhone tidak diketahui oleh 19,09 persen responden dalam survei ini.

Adapun fitur ini dapat ditambahkan dengan membuka menu Settings di Safari > Extensions > More Extensioins untuk melihat berbagai ekstensi yang tersedia.

Baca juga: Tiruan iOS 16 untuk Android Muncul di PlayStore, Sudah Diunduh 50 Juta Kali

Ringkasan notifikasi

Fitur lainnya yang tidak disadari pengguna iPhone yaitu fitur ringkasan notifikasi yang tersedia sejak iOS 15 dirilis. Menurut survei Slash Gear, fitur ini tidak diketahui oleh 15,20 persen responden.

Fitur ini berguna untuk membuat ringkasan notifikasi pada iPhone, sehingga pengguna bisa melihat sejumlah notifikasi pada periode waktu yang ditentukan. Cara menggunakan fitur ringaksan notifikasi selengkapnya bisa dilihat di laman dukungan Apple.

App Limit

Fitur pengaturan batas waktu penggunaan aplikasi yang disebut "App Limit" juga tidak diketahui oleh 25,68 responden. Padahal fitur ini sudah tersedia sejak iOS 12 digulirkan, yakni tahun 2018.

Fitur App Limit dan dapat diakses pada menu Settings > Screen Time di iPhone. Untuk selengkapnya, bisa dilihat di situs dukungan Apple berikut.

Baca juga: Survei: Pengguna Android Tertarik Pindah ke iPhone Berkat iOS 16

Handoff

Fitur iPhone terakhir yang jarang diketahui menurut survei Slash Gear adalah fitur Handoff. Survei membuktikan, 30,24 persen pengguna iPhone tidak mengetahui fitur ini.

Padahal, fitur ini cukup berguna. Fitur Handoff bisa memudahkan pengguna beralih dari satu perangkat Apple ke perangkat lainnya, misalnya dari iPhone ke iPad.

Fitur ini bisa ditemukan pada menu Settings > General > AirPlay & Handoff. Untuk mengetahui secara detail bagaimana cara menggunakan fitur Handoff, bisa dilihat di laman dukungan Apple berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com