Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Fold 4 Disiksa, Dibakar, dan Dibengkokkan, Sekuat Apa?

Kompas.com - 30/08/2022, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Samsung mengatakan bahwa ponsel lipat terbaru mereka, Galaxy Z Fold 4 memiliki struktur bodi yang lebih kuat.

Beberapa aspek yang diperbarui untuk meningkatkan ketahanan perangkat tersebut adalah layar Ultra Thin Glass yang diklaim lebih kuat, pelapis bingkai dan engsel Armor Aluminum yang lebih kokoh, dan masih banyak lagi.

Untuk membuktikan beragam klaim yang dilontarkan Samsung tersebut, YouTuber "JerryRigEverything" menyiksa Galaxy Z Fold 4.

"Menyiksa" dalam hal ini adalah melakukan pengujian terhadap ketahanan Samsung Galaxy Z Fold 4. Ia menggores layar ponsel lipat tersebut dengan berbagai benda padat dan tajam, mengikis bagian bingkainya dengan pisau, hingga mencoba membelah ponsel tersebut menjadi dua bagian.

Baca juga: Samsung Umumkan Nasib Galaxy Z Fold 3

Video penyiksaan Samsung Galaxy Z Fold 4 tersebut diunggah di YouTube dengan "Samsung Z Fold 4 Durability Test! - Samsung says its 'Unbreakable'?!". Video tersebut berdurasi hampir 10 menit.

Pada tahap awal, sang pemilik kanal JerryRigEverything, yaitu Zack Nelson mencoba menggores layar sekunder (Cover Screen) Samsung Galaxy Z Fold 4 yang mengusung panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci.

Seperti diketahui, Zack selalu menggunakan ukuran tingkat kekerasan layar alias Mohs Scale of Hardness dengan skala 2 hingga 7.

Jika layar berbahan plastik, maka ia akan tergores benda tajam di level 2-4. Lalu apabila kaca, layar akan tergores di level 5-7. Sementara apabila layar berbahan safir, maka ia akan tergores di level 8-9.

"Layar depan Galaxy Z Fold 4, yang dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 6, tergores di level 6, sedangkan efek goresan semakin dalam di level 7," tutur Zack, dikutip KompasTekno dari YouTube, Selasa (30/8/2022).

Layar utama mudah tergores

Uji ketahanan layar utama Galaxy Z Fold 4.YouTube.com/JerryRigEverything Uji ketahanan layar utama Galaxy Z Fold 4.
Setelah layar sekunder, Zack kemudian menggores layar utama (Main Screen) Galaxy Z Fold 4 yang memiliki panel Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 7,6 inci.

Hasilnya, layar tersebut ternyata lebih mudah tergores dibanding Cover Screen.

"Saya masih melihat adanya goresan di level 2, dan efek goresan akan semakin dalam di level 3," imbuh Zack sembari menggores layar utama Samsung Galaxy Z Fold 4 dengan benda tajam.

Setelah layar, Zack lantas menguji ketahanan bingkai Armor Aluminium yang diklaim Samsung lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Karena masih berbahan metal, engsel dan sekeliling sisi bingkai Samsung Z Fold 4, termasuk tombol-tombol yang menghiasi bingkai tersebut, bakal meninggalkan efek goresan ketika terkena benda tajam seperti pisau cutter.

Dengan alat yang sama, Zack juga mencoba menggores bagian punggung ponsel lipat tersebut. Hasilnya, ia tak menemukan goresan pisau cutter di bagian permukaan cangkang perangkat meski disayat berkali-kali.

Baca juga: Samsung Klaim Pemesanan Z Fold 4 dan Z Flip 4 Lampaui Generasi Sebelumnya

Halaman:
Sumber YouTube
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com