Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE 4 Disebut Bakal Mirip iPhone XR

Kompas.com - 31/08/2022, 12:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Pada Maret lalu, Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone SE 2022 atau iPhone SE generasi ke-3. Fanboy Apple harus menunggu dua tahun sebelum ponsel suksesor dari iPhone SE 2 (2020) itu dirilis.

Kini, berselang lima bulan setelah perilisan iPhone SE 3, bocoran soal iPhone SE 4 sudah merebak di jagat maya.

Menurut rumor yang beredar, Apple disinyalir bakal merombak desain iPhone SE menjadi lebih mirip dengan iPhone XR. Selama ini, tiga model iPhone SE dibekali desain yang sama, yakni mirip seperti iPhone 8 dengan layar 4,7 inci.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Terbaru Agustus 2022: iPhone SE 3, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13 Series

Setidaknya begitulah menurut Jon Prosser, YouTuber yang kerap memberi bocoran produk Apple dengan akurat.

Saat ini, iPhone XR yang dikenalkan pada 2018 itu, sudah tak lagi dijual oleh Apple, alias discontinued.

Namun, bila rumor akurat, Apple kemungkinan bakal membuang tombol Home yang disematkan pada tiga ponsel iPhone SE sebelumnya, demi menghadirkan desain yang lebih modern dengan bezel yang lebih tipis pada iPhone SE 4.

Apple juga bakal memangkas bezel bagian atas dan bawah yang tebal, lalu membekali iPhone SE 4 dengan layar yang lebih luas (6,1 inci) dengan hiasan poni dan dukungan FaceID.

Bila kilas balik ke belakang, rumor soal iPhone SE yang bakal dibekali desain mirip iPhone SE bukan lah hal baru. Pasalnya, iPhone SE 3 yang dirilis tahun ini sebelumnya juga disebut-sebut bakal dibekali desain mirip iPhone XR.

Baca juga: Apple Mulai Jual iPhone XR Rekondisi, Ini Harganya

Nyatanya, rumor tersebut tak akurat. iPhone SE 2022 masih mewarisi desain lawas iPhone 8, seperti dua model iPhone SE lainnya.

Layar iPhone SE bakal semakin besar

Spesifikasi layar iPhone XR.Istimewa Spesifikasi layar iPhone XR.
Outlet media 9to5Mac meyakini bahwa iPhone SE generasi selanjutnya bakal memiliki layar yang lebih luas. Musababnya, iPhone SE 2022 dengan layar kecil dan desain lawas diyakini sudah tak banyak menggaet konsumen. Sehingga permintaan untuk ponsel ini pun rendah.

Layar yang lebih kecil pada jajaran iPhone SE (4,7 inci) juga membuat kapasitas baterai yang disertakan juga menjadi lebih kecil pula. Ini juga menjadi keluhan umum dari pemilik iPhone SE.

Menurut 9to5Mac, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (31/8/2022), meluncurkan iPhone SE yang mewarisi tampang dan spesifikasi iPhone XR dapat mengubah lini iPhone versi murah ini menjadi hit.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli iPhone SE 3 di Indonesia

Perlu dicatat, informasi di atas masih bocoran semata. Belum ada keterangan resmi soal kehadiran iPhone SE generasi selanjutnya atau iPhone SE. Sebab, iPhone SE bisa dibilang tidak memiliki waktu peluncuran yang pasti, berbeda dengan iPhone biasa yang selalu memiliki model baru setiap tahunnya.

Bila melihat peluncuran sebelumnya, Apple membutuhkan waktu empat tahun untuk meluncurkan iPhone SE 2 (2020), sebagai suksesor dari iPhone SE generasi pertama (2016).

Kemudian, Apple membutuhkan waktu dua tahun untuk merilis iPhone SE 3 (2022), sebagai penerus iPhone SE 2 (2020). Nah, kali ini, belum diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan Apple untuk meluncurkan iPhone SE generasi selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com