Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Tweet dan Menambahkan Teman ke Twitter Circle dengan Mudah

Kompas.com - 31/08/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana sempat diwartakan sebelumnya, fitur terbaru Twitter yang bernama “Twitter Circle” kini sudah bisa dijajal oleh semua pengguna. Selayaknya kehadiran fitur baru, sebagian pengguna mungkin masih asing dengan apa itu Twitter Circle.

Untuk diketahui, Twitter Circle adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim Tweet ke beberapa orang tertentu secara terbatas. Cara kerja dari Twitter Circle bisa dikatakan mirip dengan fitur Close Friend di Instagram.

Baca juga: Cara Membuat Komunitas Twitter Sendiri dengan Mudah

Jadi, pengguna bisa membuat dan mengunggah konten atau Tweet ke beberapa orang tertentu saja yang mungkin dirasa dekat, seperti teman atau sahabat. Tweet tersebut hanya bisa dilihat oleh teman yang sebelumnya telah dimasukkan dalam Twitter Circle.

Dikutip dari laman resmi Twitter, pengguna bisa menambah teman ke Twitter Circle hingga maksimal berjumlah 150 orang. Lantas, bagaimana cara menambah teman ke Twitter Circle? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menambah teman ke Twitter Circle.

Cara menambah teman ke Twitter Circle

  • Buka aplikasi Twitter dan klik ikon tambah yang berada di halaman beranda atau linimasa.
  • Saat halaman pembuatan Tweet telah terbuka, silakan klik opsi pengaturan publisitas bertajuk “Publik” yang berada di samping foto profil.
  • Bila halaman opsi pengaturan publisitas Tweet terbuka, pilih “Edit” pada opsi “Twitter Circle”.
  • Kemudian, halaman pengaturan Twitter Circle bakal terbuka. Pada halaman itu, klik opsi “Disarankan”.
  • Setelah itu, cari dan tambahkan beberapa teman untuk masuk ke dalam Twitter Circle.
  • Daftar teman yang tergabung dalam Twitter Circle bisa dilihat melalui opsi “Twitter Circle”. Di opsi itu pulalah, terdapat pilihan untuk mengeluarkan atau menghapus teman dari daftar Twitter Circle.

Ilustrasi cara menambah teman ke Twitter Cirlce.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambah teman ke Twitter Cirlce.

Untuk diketahui, seorang teman tidak akan diberi pemberitahuan bahwa dirinya masuk dalam Twitter Circle. Mereka juga tidak akan mengetahui siapa saja orang lain yang berada dalam Twitter Circle. Itulah cara menambah teman ke Twitter Circle.

Cukup mudah bukan untuk menambah teman ke Twitter Circle? Setelah menambah teman, lalu bagaimana cara kirim Tweet ke Twitter Circle? Bila hendak kirim Tweet ke Twitter Circle, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara kirim Tweet ke Twitter Circle

  • Untuk kirim Tweet ke Twitter Circle, caranya klik ikon tambah yang berada di halaman beranda atau linimasa aplikasi Twitter.
  • Setelah itu, klik dan ganti opsi “Publik” menjadi “Twitter Circle” yang berada dalam pengaturan publisitas Tweet.
  • Terakhir, saat publisitas Tweet telah diatur dengan opsi “Twitter Circle”, silakan buat Tweet dan kirim ke Twitter Circle.
  • Seperti yang telah disinggung di awal, Tweet di Twitter Circle hanya bisa dilihat oleh anggota di dalamnya.

Ilustrasi cara kirim Tweet ke Twitter CircleKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara kirim Tweet ke Twitter Circle

Demikianlah penjelasan seputar cara kirim Tweet ke Twitter Circle. Sementara itu, perlu diketahui juga, seandainya ingin mencoba fitur Twitter Circle, pastikan telah memperbarui versi aplikasi Twitter di ponsel melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Baca juga: Cara Mencari dan Gabung Komunitas Twitter dengan Mudah

Kemudian, sebagai informasi tambahan, cara di atas sendiri dijajal lewat aplikasi Twitter pada ponsel berbasis iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula langkah dan letak opsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com