Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

Kompas.com - Diperbarui 02/09/2022, 06:35 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan ini, pengguna WhatsApp di Indonesia disambangi oleh sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan file atau dokumen dengan ukuran (file size) maksimal 2 GB dalam sekali kirim.

Sebelumnya, WhatsApp hanya mengizinkan pengguna mengirimkan file atau dokumen maksimal dengan ukuran 100 MB saja.

Dengan adanya pembaruan ini, maka pengguna WhatsApp di Tanah Air kini bisa mengirimkan file dengan besar 20 kali lipat dibanding versi sebelumnya. 

Pantauan KompasTekno, Kamis (1/9/2022), fitur ini hadir di WhatsApp Android versi 2.22.17.76 dan WhatsApp iOS versi 22.18.76.

Baca juga: Langkah WhatsApp Menjadi SuperApp Dimulai di India

Ilustrasi file WhatsApp yang dikirim maksimal 2 GB.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi file WhatsApp yang dikirim maksimal 2 GB.
Ketika dijajal KompasTekno, fitur ini memang mengizinkan kami mengirimkan file atau dokumen (via menu "Document") yang lebih dari 100 MB.

Ketika kami mencoba mengirimkan file dengan ukuran lebih dari 2 GB, maka akan ada jendela pop-up yang menginformasikan bahwa besar file maksimal yang bisa dikirimkan adalah 2.000 MB.

Padahal sebelumnya, jendela pop-up ini akan muncul ketika pengguna mengirimkan sebuah file yang ukurannya lebih dari 100 MB.

Anggota grup bertambah jadi 512 orang

Selain bisa mengirimkan file dengan ukuran maksimal 2 GB, pengguna WhatsApp di Indonesia juga mendapatkan pembaruan terhadap fitur Reactions.

Lalu, pengguna juga kini bisa memasukkan hingga 512 orang dalam satu grup WhatsApp, meningkat dari 256 orang di versi sebelumnya.

Kemudian, pengguna juga kini membisukan atau mengirimkan pesan ke anggota lain dengan cara mengetuk dan menahan (tap & hold) anggota tersebut untuk beberapa waktu ketika sedang dalam sesi panggilan grup.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Fitur Keluar Grup WhatsApp Diam-diam

Ada pula pembaruan yang memungkinkan pengguna Android memindahkan riwayat percakapan dengan mudah ke perangkat iPhone.

Untuk menjajal beragam fitur baru WhatsApp ini, pengguna di Indonesia bisa langsung memperbarui aplikasi WhatsApp mereka dengan versi 2.22.17.76 (Android) yang sudah dirilis 29 Agustus lalu, atau 22.18.76 (iOS) yang sudah dirilis 31 Agustus lalu.

Pembaruan versi Android bisa langsung dilakukan di toko aplikasi Play Store melalui tautan berikut ini, sedangkan pembaruan versi iOS bisa dilakukan di App Store melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com