Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Terpisah, Ini Harga Stylus S Pen Samsung Galaxy Z Fold 4

Kompas.com - 02/09/2022, 15:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Fold 4 resmi masuk Indonesia. Ponsel suksesor Galaxy Z Fold 3 ini dibanderol dengan harga paling murah Rp 25 juta untuk varian 12/256 GB.

Seperti pendahulunya, Galaxy Z Fold 4 ini juga sudah mendukung pena digital (stylus) S Pen khas Samsung Galaxy Note. 

Namun, S Pen pada Galaxy Z Fold 4 merupakan aksesori pelengkap. Bukan aksesori bawaan seperti pada ponsel seri Galaxy Note dan Galaxy S22 Ultra.

Alhasil, Samsung Galaxy Z Fold 4 tidak memiliki kompartemen (slot) terintegrasi untuk menyimpan S Pen. Pun, S Pen pada ponsel ini harus dibeli secara terpisah karena tidak masuk dalam paket penjualan.

Baca juga: S Pen Z Fold 3 Bisa Dipakai di Samsung Z Fold 4, Galaxy S22 Ultra Juga?

Lantas, berapa harga S Pen untuk Galaxy Z Fold 4 di Indonesia?

Harga S Pen Galaxy Z Fold 4

Cover standing with S Pen untuk Samsung Galaxy Z Fold 4 S Pen.samsung.com/id Cover standing with S Pen untuk Samsung Galaxy Z Fold 4 S Pen.
Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina mengungkapkan bahwa pengguna bisa membeli paket aksesori "Galaxy Z Fold 4 Note Package" seharga Rp 1,2 juta.

"Dengan membeli paket tersebut, pengguna sudah mendapatkan satu S Pen, casing (standing cover) Galaxy Z Fold dengan kompartemen S Pen, serta Travel Adaptor 25W," kata Annisa saat ditemui KompasTekno, usai acara Local Launch Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, di Jakarta Selatan, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Daftar Fitur dan Cara Pakai Stylus S Pen di Samsung Galaxy S22 Ultra

Pantauan KompasTekno di situs resmi Samsung, ada pula opsi membeli stylus S Pen dan casing dengan kompatermen S Pen saja (tanpa travel adaptor 25W) seharga Rp 999.000.

Untuk lebih jelasnya, berikut harga aksesori pelengkap Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia:

  • Galaxy Z Fold 4 Note Package (S Pen, standing cover, dan travel adaptor 25W) - Rp 1,2 juta
  • Galaxy Z Fold 4 Standing Cover with S Pen (tanpa travel adaptor 25W) - Rp 999.000

Berdasarkan informasi di situs Samsung, Standing Cover with S Pen tersedia dalam pilihan warna Black, Graygreen, Beige.

Perlu diketahui, case cover standing Galaxy Z Fold 4 bisa digunakan dalam dua mode. Mode pertama, cover standing hanya mendukung slot "penyangga" sehingga pengguna bisa menyandarkan ponsel ketika dalam mode terlipat.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Dijual di Indonesia 2 September, Ini Bonusnya

Mode kedua, pengguna bisa melepas slot "penyangga" tadi, lalu menggantinya dengan slot S Pen. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan ponsel dengan S Pen, dan menyimpan S Pen secara langsung di bodi ponsel. Tujuannya agar S Pen tidak tercecer dan hilang.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus (kanan) dan Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina (kiri), saat hadir di acara Local Launch, Kamis.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus (kanan) dan Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina (kiri), saat hadir di acara Local Launch, Kamis.
Bisa pakai S Pen Pro, tidak bisa pakai S Pen Galaxy S22 Ultra

S Pen yang disertakan dalam paket aksesori di atas merupakan S Pen Fold Edition atau stylus yang memang ditujukan untuk ponsel Galaxy Z Fold Series. Dalam kasus ini, Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold 4.

Sebenarnya, Galaxy Z Fold 4 ini juga mendukung S Pen Pro yang memiliki form factor lebih panjang.

Baca juga: Daftar Fitur dan Cara Pakai Stylus S Pen di Samsung Galaxy S22 Ultra

Untuk ukurannya, S Pen Pro memiliki panjang 173,64mm dan diameternya 9,5mm. Sementara S Pen Fold Edition memiliki panjang 132,1mm dengan diameter 7,7mm.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com