Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Xperia 5 IV Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 1

Kompas.com - 03/09/2022, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sony resmi meluncurkan ponsel flagship terbarunya, yaitu Sony Xperia 5 IV atau dibaca "Sony Xperia Five Mark Four". Ponsel ini sejatinya merupakan penerus Sony Xperia 5 III yang dirilis pada April 2021 lalu.

Dari segi desain, ponsel ini masih mewarisi tampang pendahulunya. Namun, sebagai pendatang baru, Sony Xperia 5 IV membawa peningkatan di sejumlah aspek seperti kamera, baterai, dan dukungan pengisian tanpa kabel (wireless charging) dibanding Sony Xperia 5 III.

Untuk spesifikasi layarnya, Sony Xperia Five Mark Four dibekali layar OLED 6,1 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.520 piksel) serta refresh rate 120 Hz.

Pada layar tersebut terdapat kamera depan dengan resolusi lebih tinggi, yaitu 12 MP (f/2.0).

Beralih ke bagian punggung, Sony Xperia 5 IV dibekali tiga kamera belakang yang seluruhnya beresolusi 12 MP. Ketiganya adalah kamera utama 12 MP, kamera ultrawide 12 MP, da kamera telefoto 12 MP dengan zoom optis 2,5x.

Ketiga kamera itu mendukung 120 fps, fitur peredam goyangan Optical Image Stabilizer (OIS), serta pelacakan dan penguncian objek Real-time Eye AF dan Real-time tracking.

Di sektor dapur pacu, Sony Xperia 5 IV ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1, dipadukan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan media 128 GB.

Ponsel ini kini ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat (fast charging) 30 watt yang diklaim bisa mengisi daya 50 persen dalam 30 menit.

Peningkatan lain, ponsel ini kini sudah mendukung "Qi" wireless charging, teknologi pengisian daya tanpa kabel. Fitur ini absen pada ketiga ponsel Sony Xperia 5 generasi sebelum-sebelumnya, yaitu Sony Xperia 5 I, Sony Xperia 5 II, dan Sony Xperia 5 III.

Baca juga: Sony Xperia Pro-I Resmi, Ponsel Berteknologi Kamera Mirrorless Sony

Harga Sony Xperia 5 IV

Fitur lain yang dibawa ponsel ini meliputi pemindai sidik jari di samping (side-mounted), NFC, Bluetooth 5.2, WiFi IEEE802.11a/b/g/n/ac/ax, USB Type-C, serta ketahanan air dan debu dengan rating IP68.

Sony Xperia Five Mark Four ditawarkan dalam warna hijau, hitam dan ecru white (beige), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (3/9/2022).

Adapun harga Sony Xperia 5 IV adalah 999 dollar AS atau setara Rp 14,8 juta untuk varian memori 8/128 GB di pasar Amerika Serikat.

Baca juga: Sony Xperia 1 IV Resmi Meluncur, Harga Rp 23 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com