Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Cell dan Range dalam Microsoft Excel

Kompas.com - 05/09/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Excel merupakan software pengolah angka yang memungkinkan pengguna untuk mengolah data yang bersifat numerik (angka). Pengolahan data ini biasanya menggunakan rumus dalam spreadsheet.

Menggunakan Microsoft Excel tentu tak terlepas dari beragam fitur-fitur yang kerapkali digunakan. Dua di antaranya adalah cell dan range. Kedua fitur ini melekat dan tak terpisahkan dari penggunaan Microsoft Excel.

Berikut ini ulasan lebih lanjut mengenai pengertian cell dan range dalam Microsoft Excel. 

Baca juga: Cara Menyembunyikan Kolom dan Baris di Excel

Cell

Setiap lembar Microsoft Excel terdiri dari ribuan persegi panjang, yang disebut cell. cell adalah perpotongan antara baris dan kolom. Misalnya saja pada gambar di bawah ini.

Kolom diidentifikasi dengan huruf (J,K,L,M, dan seterusnya), sedangkan baris diidentifikasi dengan angka (7,8,9,10, dan seterusnya).

Setiap cell memiliki nama sendiri —atau alamat sel —berdasarkan kolom dan barisnya.

Pada contoh di bawah, cell yang dipilih berpotongan dengan kolom J dan baris 8, sehingga alamat selnya adalah J8.

cellKompas.com/soffyaranti cell

Perhatikan bahwa alamat cell juga muncul di kotak Nama di sudut kiri atas, dan bahwa judul kolom dan baris sel disorot saat sel dipilih.

Setiap informasi yang Anda masukkan ke dalam spreadsheet akan disimpan dalam cell. Setiap cell dapat berisi berbagai jenis konten, termasuk teks, pemformatan, rumus, dan fungsi.

Baca juga: Apa Itu Cell di Microsoft Excel? Ini Penjelasannya dan Shortcut yang Bisa Digunakan

Range

Range bisa juga disebut dengan rentang. Di Microsoft Excel range juga biasa disebut dengan kumpulan sel. Range dapat berupa dua cell atau lebih.

Kumpulan cell yang tergabung dan disebut dengan range bisa dalam satu baris, satu kolom, maupun beberapa baris dan kolom. Bentuk range bisa berupa vertikal, horizontal, campuran, dan ganda. Selengkapnya berikut ini contohnya.

rangeKompas.com/soffyaranti range
Setiap rentang memiliki set koordinat atau posisinya sendiri di lembar kerja seperti A2:A5, A2:C2, A2:C5, dan seterusnya.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan rentang di Excel seperti menyalin, memindahkan, memformat, dan menamai rentang. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com