Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuka WhatsApp Web di HP dengan Mudah, Sudah Coba?

Kompas.com - 07/09/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana umum diketahui, WhatsApp Web merupakan salah satu versi layanan pesan instan WhatsApp yang biasa dibuka melalui aplikasi browser di desktop (komputer dan laptop). Namun, apakah bisa membuka WhatsApp Web di HP (handphone)?

WhatsApp Web pada dasarnya bisa dibuka pada browser yang mendukung tampilan desktop. Sementara itu, pada kebanyakan aplikasi browser HP saat ini, telah didukung dengan fitur untuk mengubah tampilan situs web dari mobile ke desktop.

Baca juga: 5 Penyebab WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

Alhasil, dengan adanya fitur tersebut, memungkinkan pengguna untuk membuka WhatsApp Web di HP. Lantas, bagaimana cara membuka WhatsApp Web di HP? Bila tertarik untuk membuka WhatsApp Web di HP, begini caranya.

Cara membuka WhatsApp Web di HP

  • Buka aplikasi browser di HP
  • Kemudian, kunjungi situs web untuk mengakses WhatsApp Web ini www.whatsapp.com
  • Setelah masuk ke halaman situs web tersebut, bukalah menu pengaturan tampilan situs web.
  • Letak menu tersebut biasanya berbeda-beda di tiap browser. Di browser Safari, menu pengaturan tampilan situs disimbolkan dengan ikon “Aa”. Semetara di Chrome, menu pengaturan tampilan situs web terdapat pada ikon titik tiga.
  • Setelah membuka menu tersebut, lalu pilih opsi dengan tajuk seperti “Minta Situs Web Desktop” atau “Minta Situs Desktop”.
    Ilustrasi cara membuka WhatsApp Web di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuka WhatsApp Web di HP.
  • Setelah klik opsi tersebut, aplikasi browser HP bakal mengubah tampilan situs web WhatsApp dari mobile ke tampilan desktop. Bila tidak diatur menjadi tampilan dekstop maka situs web WhatsApp tidak akan menampilkan kode QR untuk loginakun.
    Tampilan WhatsApp Web di HP setelah beralih ke antarmuka desktop.KOMPAS.com/Zulfikar Tampilan WhatsApp Web di HP setelah beralih ke antarmuka desktop.
  • Setelah beralih ke tampilan desktop, situs web WhatsApp akan menampilkan kode QR untuk login akun, selayaknya membuka WhatsApp Web pada browser di laptop atau komputer.
  • Ketika kode QR tersebut telah muncul, silakan pindai dengan aplikasi WhatsApp yang terdapat di HP lain untuk bisa login akun.
  • Bila telah berhasil login akun maka WhatsApp Web yang dibuka lewat HP itu bakal bisa dipakai buat mengirim atau menerima chat.

Tampilan WhatsApp Web di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Tampilan WhatsApp Web di HP.

Cukup mudah bukan untuk membuka WhatsApp Web di HP? Sebagai informasi tambahan, membuka WhatsApp Web di HP tampaknya bisa menghasilkan pengalaman chat yang kurang memuaskan.

Ini dikarenakan teks di dalamnya terlihat lebih kecil sehingga sulit untuk dibaca. Selain itu, mengetik chat juga menjadi terasa lebih sulit lantaran ukuran papan ketik di layar HP dan kolom pesan WhatsApp Web kurang proporsional.

Kemudian, perlu untuk diketahui juga, cara di atas sendiri dijajal lewat browser Safari di iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula cara atau letak opsinya.

Baca juga: 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Jarang Diketahui, Sudah Coba?

Demikianlah penjelasan seputar cara membuka WhatsApp Web di HP dengan memanfaatkan fitur untuk mengubah tampilan situs web dari mobile ke desktop, yang terdapat pada aplikasi browser, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com