Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Cek IMEI iPhone untuk Mengetahui BM atau Bukan

Kompas.com - 13/09/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengecek nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone bisa dilakukan dengan mudah. Cek IMEI iPhone bisa dilakukan melalui menu pengaturan dengan beberapa langkah singkat.

IMEI sendiri biasanya terdiri dari 15 digit angka dan berfungsi menjadi nomor identitas perangkat. Nomor IMEI biasanya dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya.

Maraknya iPhone yang didistribusikan lewat jalur tidak resmi atau ilegal (BM) membuat calon pembeli iPhone harus waspada.

Calon pembeli wajib cek IMEI iPhone untuk memastikan iPhone yang dibeli resmi atau BM. Apabila nomor IMEI iPhone yang dicek tidak terdaftar, maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah barang BM. Jika BM, maka iPhone akan diblokir.

Baca juga: Biaya Ganti Baterai iPhone 14 Lebih Mahal dari iPhone 13

Untuk cek IMEI iPhone resmi atau BM, pengguna harus mengetahui nomor IMEI iPhone dulu dengan memeriksanya di kode USSD *#06#. Selain itu, nomor IMEI juga bisa diperiksa lewat menu pengaturan iPhone.

Caranya, klik menu ikon gerigi roda untuk mengakses menu "Pengaturan". Kemudian, pilih "Umum" dan klik opsi "Mengenai". Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan kolom IMEI yang tertera 15 digit angka.

Selanjutnya, cek IMEI iPhone resmi atau BM bisa dilakukan lewat situs milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dengan cara sebagai berikut:

  • Buka tautan atau link cek IMEI Kemenperin berikut ini
  • Di awal halaman situs web, masukan nomor IMEI iPhone tadi di kolom yang tersedia
  • Lalu, klik ikon kaca pembesar
  • Jika muncul tulisan "IMEI terdaftar di database Kemenperin" maka dapat dipastikan iPhone yang Anda miliki telah didistribusikan lewat jalur resmi.
  • Namun sebaliknya, apabila muncul tulisan "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin" maka perangkat milik Anda adalah iPhone BM.

Baca juga: 4 Fitur iPhone 14 Pro Ini Bisa Bikin HP Android Ketar-ketir

Cara cek IMEI iPhone di atas tidak bisa digunakan untuk mengetahui apakah perangkat Anda adalah iPhone asli atau abal-abal. Cara cek IMEI iPhone tersebut hanya untuk mengetahui status pendistribusian iPhone milik Anda, apakah iPhone BM atau resmi.

Sementara itu, untuk mengetahui apakah iPhone itu asli atau tiruan caranya beda lagi. iPhone asli bisa diidentifikasi lewat situs https://checkcoverage.apple.com/ dengan memasukkan nomor seri perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com