Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Investigasi Redmi 6A yang Meledak dan Tewaskan Pengguna di India

Kompas.com - 13/09/2022, 13:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Seorang pria di India bernama Manjeet, melaporkan bahwa anggota keluarnya tewas akibat smartphone Redmi 6A yang meledak. Manjeet yang juga seorang Youtuber gadget itu lantas menghubungi Xiaomi melalui Twitter untuk meminta pertanggungjawaban.

Dalam twitnya, Manjeet yang memiliki akun Twitter dengan handle @Mdtalk16 itu menceritakan bahwa bibinya ditemukan meninggal dunia dan sebuah Redmi 6A berada di dekatnya.

Menurut penuturannya, bibinya sedang tidur dan meletakkan Redmi 6A di samping bantal yang dekat dengan wajahnya. Beberapa saat kemudian, ponsel itu disebut meledak.

Baca juga: Benarkah Main HP Sambil Mengecas Bisa Bikin Ponsel Meledak?

"Kemarin malam, bibi saya ditemukan meninggal, dia menggunakan Redmi 6A, dia sedang tidur dan dia meletakkan ponsel di dekat wajahnya di sisi bantal dan setelah beberapa saat ponselnya meledak," tulis Manjeet dengan me-mention (sebut) akun Twitter Redmi India serta beberapa eksekutif Xiaomi, dikutip KompasTekno dari Twitter, Selasa (13/9/2022).

"Ini adalah sesuatu yang buruk yang menimpa kami. Ini merupakan tanggung jawab merek (Xiaomi) untuk mengatasinya," imbuhnya.

Manjeet menduga bahwa Redmi 6A meledak karena baterainya. Adapun bibinya diklaim hanya memakai ponsel untuk bertelepon dan mengakses Youtube.

Baca juga: iPhone 6 Meledak, Apple Dituntut

Dalam postingannya, Manjeet juga menyertakan foto unit Redmi 6A yang hancur akibat ledakan. Bila dilihat, kerusakan terparahnya terlihat pada punggung ponsel, utamanya pada area baterai ponsel yang tampak gosong. Manjeet juga mengunggah potret bibinya yang terbaring di kasur dengan darah di sekitar kasur.

Sejak diunggah pada 9 September 2022, twit itu terpantau sudah diretweet hingga lebih dari 8.600 kali.

Xiaomi Redmi 6A meledak di IndiaMD Talk Xiaomi Redmi 6A meledak di India

Xiaomi lakukan investigasi

Akun Twitter Xiaomi India Support dengan handle @MiIndiaSupport menanggapi unggahan akun Manjeet di Twitter. Xiaomi menyatakan pihaknya akan menangani masalah itu secara serius dan berkoordinasi bersama pihak keluarga untuk menentukan penyebab insiden ledakan.

"Di Xiaomi India, keselamatan pelanggan adalah yang paling penting bagi kami dan kami menanganni masalah tersebut dengan sangat serius. Saat ini tim kami sedang mencoba menghubungi keluarga yang terdampak dan menentukan penyebab insiden tersebut," tulis akun @MiIndiaSupport.

Baca juga: 10 Tips untuk Mencegah Ponsel Terbakar dan Meledak

Dalam postingan selanjutnya Xiaomi India juga menyatakan akan mendukung keluarga korban dengan berbagai cara yang memungkinkan.

"Kami bersama keluarga di masa sulit ini dan berharap untuk mendukung mereka dengan cara apa pun yang memungkinkan," imbuh akun @MiIndiaSupport.

Sayangnya sejauh ini Xiaomi belum memberikan kabar terbaru terkait hasil investigasi yang dilakukan perusahaan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (13/9/2022). Jadi belum jelas apakah penyebab ledakan adalah komponen baterai atau hal lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com