Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 16 Resmi Dirilis, Ini 5 Fitur Baru Menarik yang Wajib Dicoba di iPhone

Kompas.com - 13/09/2022, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kini sudah bisa buat update iOS 16 di iPhone. Apple resmi rilis iOS 16 mulai kemarin Senin, (12/9/2022), dengan membawa sejumlah fitur baru yang cukup menarik untuk dicoba.

Untuk diketahui, sebelum dirilis secara publik, iOS 16 telah lebih dulu diumumkan pada awal Juni lalu. Dari pengumuman di waktu itu, KompasTekno sempat merangkum beberapa fitur yang hadir di iOS 16.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Bila tertarik melihat apa saja fitur iOS 16 yang hadir di iPhone, silakan baca lebih lengkap di artikel ini “10 Fitur Baru iOS 16, Bisa Modifikasi Lock Screen hingga Mengedit Pesan yang Telah Terkirim”.

Sementara itu, dari semua fitur iOS 16 tersebut, beberapa di antaranya ada yang menarik untuk dijajal, misalnya modifikasi lock screen, membagikan grup tab Safari, hingga melihat password WiFi di iPhone.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai daftar lima fitur iOS 16 yang menarik untuk dicoba di iPhone.

5 fitur iOS 16 yang wajib dicoba di iPhone

1. Modifikasi lock screen

Ilustrasi cara bikin lock screen keren di iPhone dengan iOS 16. KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara bikin lock screen keren di iPhone dengan iOS 16.

Lock screen iPhone di iOS 16 bisa dimodifikasi dengan berbagai pilihan opsi, seperti menambahkan jendela mini aplikasi (widget), mengganti warna dan font penunjuk waktu, menyimpan beberapa tema sekaligus.

Untuk melakukan modifikasi lock screen, caranya usap ujung atas sisi kanan layar ke bawah. Kemudian, ketuk ruang kosong di lock screen. Setelah itu, bakal muncul halaman pengaturan lock screen. Di halaman itulah, pengguna bisa memodifikasi lock screen.

2. Berbagi grup tab Safari

Ilustrasi fitur berbagi tab grup Safari di iPhone dengan iOS 16. KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur berbagi tab grup Safari di iPhone dengan iOS 16.

Di Safari iPhone iOS 16, beberapa tab yang dibuka kini tidak hanya bisa dikelompokkan menjadi satu grup, tapi juga dapat untuk dibagikan (share) ke pengguna lain yang memiliki Apple ID atau akun iCloud.

Fitur shared tabs group di Safari ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengelola bersama grup tab dengan pengguna lain. Pengguna bisa mengirim undangan untuk mengelola grup tab Safari bersama ke pengguna lain via iMessage.

Untuk mengakses fitur ini, caranya klik ikon dua persegi yang berada di pojok kanan bawah Safari untuk membuka daftar tab. Setelah itu, pilih opsi untuk membuat grup tab dengan klik “+ Grup Tab Baru”. Lalu, tekan lama grup tab yang baru dibuat dan pilih opsi “Bagikan”.

3. Edit pesan terkirim di iMessage

Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.

Aplikasi pesan instan khas Apple, iMessage, kini dibekali dengan fitur untuk edit pesan yang telah terkirim di iOS 16. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengganti teks dari pesan yang telah terkirim ke pengguna lain di iMessage.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Supaya bisa edit pesan terkirim di iMessage, caranya cukup mudah. Pengguna cukup tekan chat yang telah terkirim di ruang obrolan. Setelah itu, klik opsi “Edit” dan masukkan teks baru untuk mengganti yang lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com