Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi PeduliLIndungi Error, Coba Mode Pesawat untuk Masuk dan Scan QR Code

Kompas.com - 14/09/2022, 09:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (14/9/2022) pagi, aplikasi PeduliLindungi dikeluhkan bermasalah/down saat hendak digunakan untuk masuk ke lingkungan perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Sejumlah warga mengatakan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dan tidak bisa login. Jika bisa masuk, aplikasi PeduliLindungi tidak bisa melakukan scan QR Code yang disediakan.

Menurut pihak PeduliLindungi, aplikasi error pagi ini disebabkan karena adanya perbaikan pada layanan web dan aplikasi PeduliLindungi.

"Tim teknis PeduliLindungi sedang melakukan perbaikan segera agar layanan aplikasi web dan aplikasi mobile dapat segera digunakan kembali," twit @PLindungi.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka Pagi Ini

Pihak terkait belum memberikan solusi terkait masalah aplikasi PeduliLindungi yang tidak bisa dibuka ini. Namun, Anda bisa melakukan trik yang mungkin bisa menjadi solusi dari masalah ini.

Seperti diketahui, aplikasi PeduliLindungi memiliki fitur check-in offline, yang memungkinkan ponsel pengguna tidak perlu terhubung ke koneksi internet.

Fitur ini berguna, saat Anda berada dalam kondisi koneksi internet yang buruk, atau bahkan tidak ada koneksi internet sama sekali.

Apabila Anda menemui kondisi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka akibat koneksi internet tidak memadai, Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan fitur check-in offline dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) di ponsel.

Caranya, klik ikon pesawat yang biasanya berada di pusat pengaturan cepat pada ponsel. Ketika mode pesawat aktif, Anda bisa mencoba mengakses kembali aplikasi PeduliLindungi dan mulai memindai kode QR untuk check-in.

Ilustrasi airplane mode atau mode pesawat di handphone.UNSPLASH/Sten Ritterfeld Ilustrasi airplane mode atau mode pesawat di handphone.

Hasil pemindaian akan menggunakan data terakhir check-in yang pernah dilakukan. Sebelum menggunakan cara ini, pastikan bahwa Anda telah memiliki aplikasi PeduliLindungi versi terbaru.

Meski demikian, cara masuk PeduliLindungi di atas tidak menjamin, hari ini, Anda dapat melakukan scan QR Code.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com