Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Android Bisa Bagikan Twit ke Instagram Stories Langsung

Kompas.com - 15/09/2022, 09:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter mengumumkan fitur baru yang membantu memudahkan pengguna Android membagikan twit ke aplikasi atau media sosial lainnya. Untuk saat ini, media sosial lain yang tersedia adalah Instagram pada fitur Stories, LinkedIn, hingga Snapchat.

Ketika pengguna menekan tombol share atau berbagi pada twit tertentu, mereka akan mendapati opsi untuk membagikannya langsung ke berbagai aplikasi termasuk Instagram Stories. Mekanismenya sama seperti saat pengguna membagikan twit ke aplikasi lainnya.

Dengan dukungan ini, pengguna Android akan lebih mudah membagikan twit ke media sosial lainnya. Sebab, sebelumnya pengguna hanya bisa membagikan twit dengan cara sreenshot, kemudian membagikan gambar tersebut ke aplikasi lain.

Baca juga: Status WA Bakal Punya Fitur Mirip IG Stories

Dengan cara ini, pengguna tak perlu repot lagi screenshot untuk membagikan twit. Selain itu, pengguna juga bisa menghemat penyimpanan alih-alih untuk menyimpan tangkapan layar dari berbagai twit.

Dukungan kirim twit langsung ke Instagram Stories dan Snapchat sebenarnya bukan hal baru bagi pengguna iOS karena sudah tersedia sejak tahun lalu. Akan tetapi, fitur sharing twit langsung ke LinkedIn, baru tersedia saat ini bagi pengguna iOS maupun Android.

"Kami menikmati Tweet. Sekarang semua orang juga harus menikmatinya. Berbagi Tweet langsung ke Snapchat dan Instagram Stories sekarang tersedia di Android (sudah ada di iOS). Dan kami menambahkan berbagi ke LinkedIn di Android dan iOS," tulis akun resmi @TwitterSupport.

Sudah tersedia di Indonesia

Dukungan kirim twit langsung ke Instagram Stories, Snapchat dan LinkedIn juga sudah tersedia di Indonesia.

Baca juga: Cara Kirim Tweet dan Menambahkan Teman ke Twitter Circle dengan Mudah

Pantauan KompasTekno, tombol berbagi di Twitter versi Android sudah menyediakan tautan langsung ke berbagai aplikasi termasuk Instagram Stories, Snapchat dan LinkedIn.

Untuk membagikan twit ke Instagram Stories, pengguna hanya perlu menekan tombol berbagi yang tersedia pada setiap twit, tepatnya di samping tombol like di Twitter.

Dari situ, pengguna akan akan melihat opsi berbagi langsung ke berbagai aplikasi termasuk WhatsApp, Instagram Stories hingga grup Facebook. Pilih opsi Instagram Stories untuk membagikan twit langsung ke stories Instagram.

Cara share twit langsung ke IG StoryKompas.com/Lely Maulida Cara share twit langsung ke IG Story

Selanjutnya pengguna akan diarahkan ke aplikasi Instagram dan dapat menambahkan teks GIF atau aksesori lain seperti pembuatan stories pada umumnya.

Baca juga: Twitter Jajal Fitur Edit Tweet, Begini Tampilannya

Pengguna juga bisa menyesuaikan posisi twit di Stories dengan menggesernya secara manual. Tahapan selanjutnya juga sama seperti saat pengguna mengunggah Instagram Stories hingga konten tersebut dipublikasikan.

Adapun tampilan twit yang dibagikan di Instagram Stories akan terlihat seperti foto yang dibagikan dari Instagram Feed, dengan bingkai berwarna putih. Jumlah komentar dan like twit terkait juga ditampilkan dalam Stories, lengkap dengan tanggal dan waktu twit diposting.

Namun agak berbeda dengan konten video yang dibagikan dari Instagram Feed, twit yang memuat video hanya akan ditampilkan seperti gambar statis tanpa preview video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com