Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru di iOS 16, Begini Cara Tampilkan Persentase Baterai iPhone dalam Bar

Kompas.com - 15/09/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Update iOS 16 kini sudah bisa dilakukan oleh pengguna iPhone. iOS 16 resmi dirilis Apple sejak Senin lalu (12/9/2022), dengan membawa sejumlah fitur baru dan perubahan desain dari sistem operasi versi sebelumnya.

Salah satu fitur iOS 16 itu adalah kemampuan untuk menampilkan persentase baterai iPhone langsung dalam bar daya. Untuk diketahui, bar daya sendiri adalah ikon batang baterai yang muncul di pojok kanan atas layar iPhone.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Ilustrasi presentase baterai iPhone yang muncul langsung dalam bar.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi presentase baterai iPhone yang muncul langsung dalam bar.

Bar daya itu berfungsi untuk menunjukkan kondisi sisa atau persentase baterai iPhone terkini. Sebelum iOS 16 rilis, di model iPhone dengan Face ID (memiliki notch/poni), persentase baterai itu tidak ditampilkan secara langsung dalam bar.

Ilustrasi persentase baterai iPhone yang muncul di sebelah kiri bar daya setelah membuka pusat kontrol.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi persentase baterai iPhone yang muncul di sebelah kiri bar daya setelah membuka pusat kontrol.

Di iOS lama, untuk melihat persentase baterai di model iPhone tersebut, pengguna perlu mengusap ujung layar atas sisi kanan ke bawah terlebih dahulu. Lalu, persentase baterai iPhone bakal bisa dilihat tepat di sebelah kiri bar daya.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Dengan dirilisnya iOS 16, pengguna bisa mengatur agar persentase daya iPhone bisa muncul di tengah bar daya. Tampilan persentase baterai dalam bar ini merupakan salah satu fitur yang baru hadir di iOS 16 untuk sejumlah model iPhone.

Lantas, bagaimana cara menampilkan persentase baterai iPhone dalam bar? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menampilkan persentase baterai iPhone langsung dalam bar di iOS 16.

Cara menampilkan persentase baterai iPhone dalam bar

  • Buka menu “Settings” dari layar “home” iPhone.
  • Setelah itu, gulir ke bawah dan klik opsi “Battery” atau “Baterai”.
  • Selanjutnya, geser toggle ke warna hijau buat mengaktifkan opsi “Battery Percentage” atau “Persentase Baterai”.
  • Setelah mengaktifkan opsi itu, persentase baterai iPhone bakal muncul langsung dalam bar daya.

Ilustrasi cara menampilkan persentase baterai iPhone dalam bar di iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menampilkan persentase baterai iPhone dalam bar di iOS 16.

Cukup mudah bukan buat menampilkan persentase baterai iPhone dalam bar? Sebagai informasi tambahan, fitur ini hanya tersedia di iOS 16. Jadi, bila belum update iOS 16, silakan ikuti caranya di artikel ini “2 Cara Update iOS 16”.

Kemudian, penting untuk dicatat pula, fitur tampilan persentase baterai baru itu tidak bisa diakses di semua model iPhone. Dikutip dari laman resmi Apple, model iPhone yang tak bisa mengakses fitur ini adalah iPhone Xr, iPhone 11, iPhone 12 Mini, dan iPhone 13 Mini.

Baca juga: Trik Melihat Password WiFi di iPhone dengan iOS 16 secara Mudah

Demikianlah penjelasan seputar cara menampilkan persentase baterai iPhone dalam bar secara mudah di iOS 16, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com