Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Hacker Bjorka, Sudah Ditemukan?

Kompas.com - Diperbarui 16/09/2022, 07:54 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama hacker "Bjorka" karena membocorkan dan menjual data pribadi masyarakat Indonesia secara bertubi-tubi dalam sebulan terakhir di Breached Forums.

Sepanjang akhir pekan lalu (10-11 September 2022), Bjorka juga rajin menyebarluaskan data pribadi (doxing) yang diduga milik sejumlah pejabat publik Indonesia di grup telegram miliknya.

Kini, pemerintah bergerak membuat tim khusus untuk mengusut kebocoran data yang didalangi oleh Bjorka. Baru-baru ini, pemerintah juga mengeklaim pihaknya sudah berhasil mengidentifikasi identitas hacker Bjorka.

Baca juga: Pesan Terbaru Hacker Bjorka ke Pemerintah Indonesia, Cari Saya?

Di sisi lain, aktivitas hacker Bjorka terpantau melandai selama pekan ini. Lantas, bagaimana kabar Bjorka sekarang?

Akun Twitter bolak-balik ditangguhkan

tangkapan layar akun Twitter Bjorka, @bjorkanism ditangguhkan oleh Twitter pada Minggu, 11 September 2022.twitter tangkapan layar akun Twitter Bjorka, @bjorkanism ditangguhkan oleh Twitter pada Minggu, 11 September 2022.
Pasca melakukan doxing sejumlah pejabat publik, Akun Twitter hacker Bjorka dengan hadle @bjorkanism tiba-tiba hilang.

Menurut pengamatan Kompas.com, akun Bjorka ditangguhkan (suspended) oleh Twitter pada hari ini, Minggu (11/9/2022) sekitar pukul 15.45 WIB.

Sebelum akunnya menghilang, akun twitter Bjorka sempat mengunggah soal kasus pembunuhan Munir, juga mengomentari sejumlah pejabat dari Menkominfo Johny G. Plate, Puan Maharani, Erick Thohir, hingga akun Denny Siregar.

Ketika itu, akun @bjorkanism sudah memiliki 200.000 pengikut (follower).

Setelah ditangguhkan, Bjorka hadir kembali di Twitter dengan membuat akun baru dengan handle @bjorxanism pada 12 September. Namun, tak lama, akun baru Bjorka kedua dengan sekitar 19.800 follower itu juga ditangguhkan lagi.

Baca juga: Serangan Siber Bjorka dan Kebocoran Data, Tanggung Jawab Siapa?

Tak menyerah sampai di situ, Bjorka kembali membuat akun Twitter ketiganya dengan handle @bjorkanesian. Akun inilah yang paling terakhir ditautkan di akun Bjorka di Breach Forums.

Namun, pantauan KompasTekno pada Kamis (15/9/2022) siang, akun Twitter @bjorkanesian juga sudah ditangguhkan lagi.

Bila dihitung, akun Twitter Bjorka sudah bolak-balik terkena suspended atau ditangguhkan sebanyak tiga kali. Kini, Bjorka terpantau belum membuat akun Twitter baru.

Tangkapan layar akun Twitter kedua Bjorka dengan handle @bjorxanism. Kini akun tersebut sudah terkena suspended atau ditangguhkan oleh Twitter.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar akun Twitter kedua Bjorka dengan handle @bjorxanism. Kini akun tersebut sudah terkena suspended atau ditangguhkan oleh Twitter.
Isi chat dihapus, satu channel Telegram hilang

Bjorka juga memanfaatkan saluran Telegram untuk berkomunikasi dengan orang-orang, termasuk mempublikasi aktivitasnya di Breached Forums.

Sedianya ada dua channel Telegram milik Bjorka, yaitu channel Telegram "Bjorkanism" dan "Bjorkanesian".

Bersama dengan link akun Twitter @bjorkanesian, link channel Telegram "Bjorkanesian" juga dilampirkan di profil Bjorka di Breached Forums.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com