Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Oppo Bawa Lagi Varian "Pro" di Reno Series ke Indonesia

Kompas.com - 15/09/2022, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada awal tahun 2022 ini, Oppo memboyong tiga model Oppo Reno 7 Series ke Indonesia, mencakup Oppo Reno 7 4G, Reno 7 5G, dan Reno 7 Z 5G.

Menjelang akhir tahun, Oppo membawa lebih banyak model dari keluarga Reno 8 Series, yaitu Reno 8 4G, Reno 8 5G, Reno 8 Z 5G, juga varian "Pro" yaitu Reno 8 Pro 5G.

Seperti diketahui, varian "Pro" dari Reno Series sendiri terakhir diboyong Oppo melalui Reno 6 Series pada tahun 2021 lalu.

PR Manager OPPO Indonesia for Reno, A Series & IoT, Aryo Meidianto, mengatakan bahwa varian Pro dari Reno 8 Series kini kembali hadir di Indonesia lantaran Oppo ingin menghadirkan fitur ponsel flagship ke seri ponsel di bawah Find X Series.

Baca juga: Oppo Reno 8 Series di Indonesia Kebagian ColorOS 13 Mulai Bulan Ini

"Chip Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X itu kan chip flagship, dan sekarang kami bertujuan untuk membawa apapun itu ada di kelas flagship (ke kelas bawah) supaya fiturnya bisa dinikmati banyak orang," ujar Aryo dalam acara peluncuran Oppo Reno 8 Pro 5G di Oppo Gallery Gandaria City Mall, Kamis (15/9/2022).

"Oleh karena itu, kami membawa yang namanya ponsel Reno Series Pro ke Indonesia, karena yang sebelumnya absen selama satu tahun dan hanya ada di Reno 6 Series," imbuh Aryo.

Aryo melanjutkan, pihaknya kali ini memang harus meluncurkan Reno 8 Pro 5G di Indonesia. Sebab, ponsel ini merupakan ponsel Reno Series pertama yang punya chip NPU MariSiliconX.

"Kalau itu (MariSilicon X) hanya ada di Find X Series, tujuan kami untuk membuat fitur kamera mumpuni ini dipakai konsumen banyak tidak tercapai," pungkas Aryo.

SOal NPU MariSilicon X, chip ini merupakan salah satu fitur andalan kamera Oppo yang merupakan warisan dari ponsel flagship Find X5 Pro 5G.

Dengan MariSilicon X, hasil foto dan video pada kondisi minim cahaya diklaim bisa menjadi bagus selayaknya kamera profesional.

Baca juga: Desain Klasik Reno 8 Pro 5G Terinspirasi Ponsel Lawas Oppo

Hal ini berkat algoritma AI Noise Reduction, yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi noise atau bintik foto saat pengambilan gambar.

Bahkan, Oppo mengeklaim pemrosesan foto dengan chip NPU ini bisa 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan chip NPU yang dipakai Oppo Find X3 Pro.

Selain itu, pemrosesan gambar juga disebut bakal lebih ngebut dan efisien, lantaran NPU ini diklaim mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS), yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Baca juga: Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com