Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Baru iMessage iOS 16, Termasuk Bisa Edit Pesan yang Telah Terkirim

Kompas.com - 17/09/2022, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 resmi dirilis Apple sejak Senin lalu (12/9/2022), dengan membawa sejumlah fitur baru di berbagai sektor, termasuk pada aplikasi pesan instan iMessage.

Lantas, apa saja fitur baru yang hadir di iMessage iOS 16? iMessage iOS 16 setidaknya membawa empat fitur baru di iPhone, salah satunya adalah kemampuan untuk mengedit pesan yang telah terkirim.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur iMessage terbaru yang hadir lewat iOS 16, silakan simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Fitur baru iMessage iOS 16

1. Edit pesan yang terkirim

Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.

Lewat iMessage di iPhone iOS 16, pengguna kini bisa mengedit atau menyunting pesan yang telah terkirim. Pengeditan bisa dilakukan hingga 15 menit setelah pesan terkirim ke pengguna lain. Satu pesan bisa diedit maksimal sebanyak lima kali.

Supaya bisa edit pesan terkirim di iMessage, caranya cukup mudah. Pengguna cukup tekan chat yang telah terkirim di ruang obrolan. Setelah itu, klik opsi “Edit” dan masukkan teks baru untuk mengganti yang lama.

iMessage bakal mengirimkan pesan dengan teks baru tersebut ke pengguna lain dengan terdapat status “Diedit” yang berada tepat di bawah bubble chat. Lewat status itu, pengguna bisa melihat riwayat pengeditan pesan yang telah dilakukan.

2. Membatalkan pesan yang terkirim

Ilustrasi fitur membatalkan pesan yang terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur membatalkan pesan yang terkirim di iMessage iOS 16.

iMessage pada iPhone iOS 16 dibekali dengan kemampuan untuk membatalkan pesan yang telah terkirim. Pembatalan bisa dilakukan hingga 2 menit setelah pesan terkirim ke pengguna lain.
Untuk membatalkan pesan yang terkirim, caranya tekan lama pada bubble chat. Setelah muncul menu pengaturan pesan, klik opsi “Undo Send” atau “Batalkan Pengiriman”.

Baca juga: 4 Fitur Baru Safari iOS 16, Termasuk Bisa Translate Website ke Bahasa Indonesia

3. Menandai pesan belum terbaca

Ilustrasi fitur menandai pesan belum terbaca di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur menandai pesan belum terbaca di iMessage iOS 16.

Pesan dari pengguna lain yang masuk di iMessage iOS 16 kini bisa ditandai belum terbaca.
Fitur ini berguna bagi pengguna untuk mengetahui isi pesan iMessage di lain waktu karena belum sempat membacanya secara utuh pada saat itu.

Untuk menandai pesan belum terbaca, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal tekan lama kolom nama kontak di daftar pesan iMessage, lalu klik opsi “Mark as Unread”.

4. Memulihkan pesan yang telah terhapus

Ilustrasi fitur memulihkan pesan yang terhapus di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur memulihkan pesan yang terhapus di iMessage iOS 16.

iMessage iOS 16 juga dibekali dengan fitur baru berupa kemampuan untuk memulihkan pesan yang telah terhapus. Pemulihan bisa dilakukan pada sebuah pesan yang telah dihapus selama maksimal 30 hari.

Memulihkan pesan yang terhapus bisa dilakukan dengan klik opsi “Edit” yang tertera pada aplikasi iMessage. Setelah itu, klik opsi “Show Recently Deleted”. Kemudian, bakal muncul daftar pesan yang telah dihapus. Klik pesan itu dan pilih opsi “Recover” untuk dipulihkan.

Itulah penjelasan seputar empat fitur baru iMessage iOS 16. Sementara itu, penting untuk diingat pula, keempat fitur itu hanya bisa diakses di iPhone iOS 16. Bila belum update iOS 16, silakan ikut caranya di artikel ini “2 Cara Update iOS 16”.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Kemudian, sebagai informasi tambahan, selain fitur iMessage tersebut, iOS 16 juga membawa fitur baru untuk iPhone di berbagai sektor. Penjelasan yang lebih lengkap soal fitur iOS 16 bisa dibaca di artikel ini “30 Fitur Baru iOS 16”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com