Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Kehadiran IPTEK di Indonesia

Kompas.com - 18/09/2022, 14:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Ilmu pengetahuan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan teknologi hingga menjadi besar dan sangat dibutuhkan pada saat ini.

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia sendiri selalu berkembang dari masa ke masa sejak dalam penjajahan Belanda.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia berawal dari masa penjajahan dimana pemerintah kolonial Belanda yang menggunakan persenjataan modern baik ringan maupun berat.

Selain persenjataan, teknologi modern yang diperkenalkan pada masyarakat Indonesia yang masih berkaitan dengan militer adalah alat transportasi.

Baca juga: 8 Teknologi Penting yang Lahir Semasa Hidup Ratu Elizabeth II

Sejarah IPTEK

Perkembangan IPTEK yang dibawa oleh bangsa barat ke tanah air membawa dampak kemajuan negara Indonesia terhadap teknologi.

Pada saat penjajahan tersebut, bangsa Indonesia melakukan berbagai pergerakan untuk menuju kemerdekaan, namun di saat bersamaan juga masyarakat Indonesia sedang mengenali ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi ini memberikan banyak sekali manfaat khususnya untuk bangsa Indonesia dalam mendapatkan informasi-informasi mengenai keadaan dunia.

Sehingga masyarakat Indonesia sangat terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada hingga saat ini.

Pada saat kolonial masuk ke Indonesia dengan membawa pengaruh-pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak serta merta penjajah memberikan akses fasilitas-fasilitas mereka.

Baca juga: Kriteria Perusahaan Teknologi yang Wajib Daftar PSE ke Kominfo, Selain Google, Facebook, dkk

 

Sehingga warga negara Indonesia lebih susah untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Berikut merupakan hal-hal terkait dengan ketertinggalan Indonesia dalam perkembangan IPTEK;

  • Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi
  • Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan iptek
  • Pemerintah Belanda dan perusahaan-perusahaan yang berada di indonesia untuk melakukan alih teknologi
  • Minimnya industrialisasi
  • Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri

Setelah merdeka, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat di Indonesia. Hal ini didorong dengan terbukanya akses-akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia.

Kemerdekaan menciptakan keadilan dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Mereka mempelajari sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai inovasi dan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia setelah merdeka terbagi menjadi dua dekade.

Pada dekade pertama, yaitu tahun 1945-1960, bangsa indonesia mulai mengerti arti teknologi produksi, walaupun masih dalam tingkat pasif dan penuh ketergantungan pada pihak luar negeri.

Baca juga: Kominfo Pastikan Tidak Langsung Blokir Perusahaan Teknologi yang Belum Daftar PSE

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com