Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Discord Luncurkan "Forum Channel", Fitur Diskusi Mirip Reddit

Kompas.com - 19/09/2022, 07:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diuji coba pada Februari lalu, fitur "Forum Channel" resmi menyambangi Discord. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah forum diskusi untuk membahas sebuah topik tertentu.

Discord mengeklaim fitur ini hadir untuk membantu pengguna agar tidak ketinggalan obrolan di kolom percakapan server.

Secara garis besar, Forum Channel di Discord terlihat serupa dengan fitur yang tersedia di situs forum online Reddit.

Baca juga: Fitur Baru “Comunity Chats” di Messenger Serupa Discord

Tidak seperti Text Channel yang kerap digunakan untuk membahas obrolan secara umum, Forum Channel terdiri dari banyak ruang diskusi yang dipisahkan berdasarkan kategori topik yang sedang dibicarakan.

Pengguna bisa membuat sebuah forum diskusi di Discord dengan mengakses menu "Create Channel" > "Forum" yang tersedia di server.

Selanjutnya, pengguna dapat menentukan anggota atau role siapa saja yang diperbolehkan ikut berdiskusi di forum yang sudah dibuat.

Tampilan fitur Forum Channel di Discord.Discord Tampilan fitur Forum Channel di Discord.

Anggota yang diizinkan mengakses forum ini bisa dengan leluasa berinteraksi dan mengirim pesan ke sesama anggota dan dibaca oleh anggota lainnya.

Judul forum, tag, serta topik yang hendak dibicarakan juga bisa diatur melalui Forum Channel. Untuk menambah keseruan, pengguna juga bisa menambahkan bot di Forum Channel. Seperti chat bot pada umumnya, bot di Forum Channel Discord juga memiliki fungsi yang beragam, seperti game multiplayer atau mendengarkan musik.

Baca juga: Cara Memberikan Role di Discord

Forum Channel yang sudah dibuat, bisa dijumpai di sisi kiri aplikasi Discord, sejajar dengan Text Channel dan Voice Channel.

Untuk mencari topik yang diinginkan, pengguna bisa mencantumkan kata kunci di kolom pencarian yang tersedia. Pencarian forum juga dipermudah lantaran bisa ditentukan berdasarkan Tag.

Forum Channel juga bersifat permanen, tidak seperti fitur Threads (utas) yang hanya mampu bertahan paling lama 24 jam setelah dibuat. Setelah waktu tersebut, seluruh percakapan dalam Threads akan diarsipkan.

Dihimpun KompasTekno dari situs resmi Discord, Senin (19/9/2022), fitur Forum Channel di Discord tengah diluncurkan secara bertahap.

Pantauan KompasTekno pada Minggu (18/9/2022) pukul 12.00 WIB, fitur Forum Channel masih belum tersedia di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com