Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Chip MariSilicon X di Oppo Reno 8 Pro 5G

Kompas.com - 19/09/2022, 18:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo terus berinovasi untuk memberikan pengalaman fotografi yang maksimal di ponsel buatannya.

Salah satu strateginya adalah menghadirkan chip neural processing unit (NPU) pertama bikinan perusahaan yang bernama "MariSilicon X".

Dengan kehadiran NPU yang merupakan salah satu komponen dari chipset tersebut, Oppo mengeklaim bahwa pemrosesan gambar pada smartphone Oppo bakal menjadi jauh lebih gesit, namun tetap irit daya.

MariSilicon X hadir pertama kalinya di ponsel flagship Oppo Find X5 Pro. Chip NPU itu juga kini mentenagai satu ponsel Oppo lainnya, yaitu Oppo Reno 8 Pro 5G.

Baca juga: Memotret dengan Kamera Oppo Reno 8 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Teknologi dan kehebatan MariSilicon X di model teratas Oppo Reno 8 Series tersebut lalu dipamerkan Oppo Indonesia dalam situs resmi Oppo.com.

Lantas, apa saja fungsi dan kehebatan chip NPU tersebut?

Bisa mengurangi bintik foto

Hasil foto Oppo Reno 8 Pro 5G yang minim noise meski diambil pada malam hari.Oppo Hasil foto Oppo Reno 8 Pro 5G yang minim noise meski diambil pada malam hari.

Di dalam MariSilicon X, Oppo Research institute menyematkan algoritma Advanced Artificial Intelligence Noise Reduction (AINR).

Oppo mengeklaim algoritma ini bisa mendeteksi dan mengurangi bintik foto (noise) pada setiap frame, serta memproses gambar yang dimulai dari detail terkecil, yaitu secara piksel per piksel.

Selain itu, AINR di Oppo Reno 8 Pro 5G juga diklaim dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi noise hingga 20 kali lebih cepat.

Baca juga: Pre-order Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G Dibuka, Ini Bonusnya

Hasil foto yang mengandalkan teknologi AINR bisa disimak pada gambar di atas.

Dalam gambar tersebut, bisa dilihat bahwa foto wajah, baju, dan obyek lainnya masih bisa dilihat dengan cukup detail dan tajam tanpa adanya noise yang berarti, terlepas dari fakta bahwa foto diambil di kondisi ruangan yang minim cahaya.

Bikin video malam jadi lebih terang

Fitur 4K Ultra Night Video di Oppo Reno 8 Pro 5G ketika aktif dan tidak aktif.Oppo Fitur 4K Ultra Night Video di Oppo Reno 8 Pro 5G ketika aktif dan tidak aktif.

Selain foto, MariSilicon X juga disebut dapat menghasilkan video beresolusi 4K di kondisi malam hari dengan hasil yang cukup baik.

Bahkan, Oppo mengeklaim video malam hari yang direkam Oppo Reno 8 Pro 5G akan terlihat layaknya direkam menggunakan kamera profesional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com