Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno 8 Pro 5G Punya Fitur Sembunyikan Notifikasi

Kompas.com - 20/09/2022, 07:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika kita naik angkutan umum macam KRL, Transjakarta, MRT, LRT, dan lain sebagainya, apa yang kita lihat di dalam layar smartphone bisa saja ikut dilihat oleh orang yang ada di sebelah kita.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan dan privasi kita, terlebih apabila apa yang sedang kita lihat merupakan informasi atau isi pesan yang cukup sensitif.

Nah, supaya tidak ada yang mengintip, Oppo menghadirkan fitur Anti-Peeping di salah satu ponsel terbarunya, Reno 8 Pro 5G.

PR Manager Oppo Indonesia for Reno, A Series & IoT, Aryo Meidianto mengatakan fitur yang juga dinamakan Smart Notification Hiding ini bakal menyembunyikan isi notifikasi secara otomatis apabila layar dilihat oleh orang lain.

Baca juga: Pre-order Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G Dibuka, Ini Bonusnya

"Di kendaraan umum, pasti selalu saja ada orang yang ingin melihat apa yang ada di layar kita. Dengan fitur ini, detail notifikasi akan disembunyikan dan yang terlihat nantinya adalah ikon aplikasinya saja," tutur Aryo kepada KompasTekno.

Aryo melanjutkan, agar fitur ini bisa bekerja dengan normal, Anti-Peeping bakal menyimpan data wajah pengguna terlebih dahulu.

Setelah data waja disimpan, maka kamera selfie Oppo Reno 8 Pro 5G, yang beresolusi 32 MP (f/2.4), secara pintar bakal mendeteksi wajah orang yang melihat layar ponsel terbaru Oppo ini.

Jika wajah tersebut bukan sang pemilik ponsel, maka isi notifikasi secara otomatis bakal disembunyikan.

Dukung banyak aplikasi

Menurut Aryo, fitur Anti-Peeping ini sudah mendukung ratusan aplikasi populer, salah satunya WhatsApp. Sehingga, pengguna bisa merasa aman ketika memakai ponsel sembari bepergian dengan transportasi umum.

"Saat ini, sudah ada lebih dari 800 aplikasi yang didukung Anti-Peeping, dan aplikasi-aplikasi itu bakal diintegrasikan dengan fitur tersebut secara sistem (jika terpasang)," imbuh Aryo.

Untuk cara mengaktifkan fitur ini sendiri terbilang mudah. Pengguna Oppo Reno 8 Pro 5G cukup pergi ke menu "Settings" > "Notifications & Status Bar" > dan aktifkan fitur "Smart Notification Hiding".

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Jika sistem belum menyimpan data wajah, maka pengguna akan diminta memasukkan data wajah mereka dengan cara berswafoto menggunakan kamera depan.

Tertarik mencoba kecanggihan fitur Anti-Peeping ini? Pengguna bisa membeli Oppo Reno 8 Pro 5G terlebih dahulu dengan cara memesannya di situs Oppo.com atau toko-toko online rekanan Oppo di Indonesia.

Adapun uang yang harus disiapkan untuk meminang perangkat ini adalah Rp 10 juta.

Dengan banderol demikian, pengguna bakal mendapatkan ponsel "berotak" Dimensity-8100 MAX 5G, RAM 12 GB, media penyimpanan 256 GB, dan baterai 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat 80W SuperVOOC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com