Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 20/09/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 resmi dirilis Apple sejak Senin minggu lalu (12/9/2022). Sebagai penerus dari iOS 15, menjadi wajar bila terdapat peningkatan dan pembaruan fitur untuk iPhone di iOS 16.

Lantas, apa saja perbedaan iOS 15 dan iOS 16? Salah satu contoh perbedaan iOS 15 dan iOS 16 bisa dilihat lewat fitur Live Text. Di iOS 15, fitur Live Text hanya mampu untuk mendeteksi teks yang terdapat di foto atau gambar.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Sedangkan Live Text di iOS 16, kemampuannya ditingkatkan menjadi bisa untuk mendeteksi teks yang terdapat di video. Selain itu, masih banyak lagi perbedaan yang bisa ditemukan antara iOS 15 dan iOS 16.

Bila tertarik untuk mengetahui perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang lebih lengkap, silakan simak daftarnya di bawah ini.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16

1. Lock Screen

Ilustrasi fitur memodifikasi Lock Screen pada iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur memodifikasi Lock Screen pada iOS 16.

Perbedaan pertama yang sangat mudah dijumpai terletak di kemampuan untuk memodifikasi lock screen. Fitur lock screen di iOS 15 tidak banyak mengalami perubahan, hampir mirip dengan versi iOS sebelum-sebelumnya.

Beda dengan iOS 16, yang mana pengguna bisa memodifikasi lock screen dengan berbagai opsi, misal mengganti warna dan font penunjuk waktu, menambahkan widget, serta terdapat beberapa koleksi wallpaper yang bisa dibuat sendiri seperti wallpaper emoji.

2. Fokus

Fokus merupakan fitur yang memungkinkan supaya peringatan di iPhone bisa diatur menjadi beberapa mode sesuai dengan aktivitas pengguna, seperti mode “Don’t Disturb” atau “Sleep”. Fitur ini dirilis pertama kali pada iOS 15.

Di iOS 16, terdapat beberapa peningkatan fitur Fokus dari yang sebelumnya. Peningkatan itu seperti ditambahkannya kemampuan memberikan saran untuk hanya menampilkan beberapa aplikasi tertentu di layar “Home”, sesuai dengan mode yang dipilih.

Dengan iOS 16, Fokus bisa diaktivasi pengguna secara otomatis di waktu dan lokasi tertentu. Selain itu, Fokus juga bisa diatur untuk otomatis aktif saat pengguna membuka aplikasi tertentu.

3. Live Text

Ilustrasi cara translate teks di video ke bahasa Indonesia pada iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara translate teks di video ke bahasa Indonesia pada iPhone.

Live Text adalah fitur pendeteksi teks dalam file. Sebagaimana sempat disinggung di atas, Live Text di iOS 15 hanya bisa mendeteksi teks di gambar atau foto. Sedangkan di iOS 16, Live Text bisa mendeteksi teks yang tertera di video.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

4. Galeri foto (Photos)

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang berikutnya bisa dijumpai pada galeri foto iPhone. Di iOS 16, Apple tampaknya mengerti kebutuhan pengguna dalam hal menyembunyikan foto agar tidak mudah dibuka oleh orang lain.

Lewat iOS 16, pengguna bisa mengunci foto yang disembunyikan di album “Hidden” dalam galeri iPhone. Album itu kemudian juga bisa dihilangkan agar tidak muncul di galeri. Dua fitur privasi di galeri iPhone ini sebelumnya tak hadir di iOS 15.

5. iMessage

Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com