Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Update Besar Windows 11, Ini Fitur-fitur Barunya

Kompas.com - 22/09/2022, 11:32 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Microsoft merilis pembaruan (update) besar untuk Windows 11 untuk pertama kalinya sejak resmi digulirkan akhir tahun lalu.

Pembaruan Windows 11 2H22 atau Windows 11 2022 ini membawa sejumlah peningkatan fitur, yang mencakup sistem keamanan, produktivitas, aksesibilitas, dan fitur gaming baru.

Dalam blog resminya, Microsoft mengeklaim Windows 11 2022 update akan membuat pengoperasioan PC lebih mulus, sehingga mendorong pengguna untuk lebih produktif.

Microsoft mengeklaim Windows 11 2022 akan digulirkan ke lebih dari 190 negara. Berikut beberapa pembaruan yang dibawa Windows 11 2022, dirangkum KompasTekno dari blog resmi Microsoft, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Riset: Windows 11 Belum Bisa Kalahkan Windows 10

Menu Start lebih cepat

Menu task bar di Windows 11 telah digeser ke tegah-tengah layar.Raymond Wong / Input Menu task bar di Windows 11 telah digeser ke tegah-tengah layar.

Pembaruan sistem operasi Windows 11 diklaim bakal lebih cepat dan lebih mulus saat melakukan pencarian di menu Start, pencarian Quick Settings (Pengaturan Cepat) mengalami peningkatan, dan pengguna bakal mendapatkan informasi terkini dari daerah setempat melalui papan Widgets perangkat.

Adapun kebaruan lain yang bakal dihadirkan adalah tabs pada File Explorer. Namun fitur ini baru akan digulirkan pada bulan Oktober mendatang.

Tampilan Snap Layout lebih mulus

Fitur Snap Layout blogs.windows.com Fitur Snap Layout

Selain dapat melakukan pencarian yang lebih cepat, update Windows 11 juga meningkatkan fitur Snap Layouts, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur posisi pada deretan aplikasi yang sedang dibuka, sehingga tampilan layar pengguna bisa lebih rapi dan fleksibel.

Nah, update dari fitur Snap Layouts kali ini memiliki tampilan dan navigasi sentuh (touch navigation) yang lebih mulus dan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Dikarenakan pengguna dapat mengambil beberapa tab browser di Microsoft Edge. Berikut adalah contoh gambarnya.

Selain Snap Layout, fitur lainnya juga hadir untuk meminimalisasikan distraksi pengguna saat bekerja. Misalnya, mode Focus dan Do Not Disturb.

Jadi, ketika pengguna mengaktifkan mode Focus, sistem akan secara otomatis membisukan dan mematikan notifikasi pesan yang masuk. Sehingga membuat pengguna bisa bekerja dan istirahat lebih maksimal, tanpa ada gangguan.

Fitur aksesibilitas

Fitur text-to-speech (menulis teks melalui rekaman suara) juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, saat fitur tersebut dinyalakan, teks akan langsung muncul di atas layar atau di bawah kamera secara default.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Kini, pengguna dapat memindahkan lokasi teks tersebut ke bagian bawah layar atau dipindahkan ke jendela lain secara terpisah (floating windows). Selain merekam suara dari mirkofon, teks tersebut juga dapat menyalin percakapan secara langsung.

Kebaruan lainnya adalah fitur Voice Access. Fitur akses suara ini masih diuji coba, tetapi nantinya fitur tersebut bakal berfungsi untuk mengontrol PC pengguna melalui suara atau menulis teks secara vokal.

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com