Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Teams Kini Bisa Tampilkan Transkrip Terjemahan secara Real-Time

Kompas.com - 25/09/2022, 12:05 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Platform konferensi video, Microsoft Teams meluncurkan fitur baru, yakni transkrip (live caption) terjemahan ke beberapa bahasa. Fitur ini yang memungkinkan pengguna mengaktifkan caption atau transkrip terjemahan secara real-time selama pertemuan daring berlangsung.

Jadi, bila pengguna melakukan meeting (pertemuan) daring dengan kolega yang menggunakan bahasa asing, pengguna tidak perlu khawatir akan sulit memahami pembicaraan.

Sebab, kehadiran fitur tersebut akan membantu pengguna untuk melakukan percakapan meskipun saling menggunakan bahasa yang berbeda.

Pengguna bisa mengaktifkan transkrip terjemahan real-time ini sesaat setelah meeting online dimulai. Pengguna Teams dapat memilih langsung bahasa terjemahan yang ingin digunakan. Sehingga saat pengguna lain menggunkan bahasa asing, transkrip terjemahan akan langsung muncul di layar.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Team Essentials, Produk Langganan Teams untuk UMKM

Fitur transkrip terjemahan real-time ini sudah diumumkan Microsoft sejak bulan Agustus lalu. Dengan fitur ini, Microsoft berharap bisa mendorong lebih banyak meeting berskala internasional dengan peserta dari berbagai negara.

"Fitur ini diharapkan bisa membantu pengguna berpartisipasi penuh dalam meeting yang bahasa pengantarnya tidak biasa mereka gunakan," jelas Microsoft, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Minggu (25/9/2022).

Fitur transkrip terjemahan secara real-time ini dikembangkan Microsoft dengan memanfaatkan Microsoft Cognitive Service Speech Translation Capabilities Part. Sehingga terjemahan yang ditampilkan bisa muncul dengan cepat.

Pantauan KompasTekno dari blog resmi Microsoft, terdapat setidaknya 34 bahasa yang bisa diterjemahkan oleh fitur terbaru ini. Misalnya, bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Belanda, German, Jepang, Korea, Thailand, dan masihg banyak lagi.

Baca juga: Microsoft Teams Rilis Fitur Baru Serupa Zoom

Namun, terjemahan untuk bahasa Indonesia masih belum tersedia untuk fitur ini. Belum diketahui apakah Microsoft akan menambah daftar bahasa di masa yang akan datang atau tidak.

Cara mengaktifkan fitur “Live Captions” di Microsoft Teams

Ilustrasi tampilan Microsoft Teams (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Ilustrasi tampilan Microsoft Teams (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka aplikasi Microsoft teams
  • Ketuk ikon titik tiga di sisi atas
  • Pilih “Turn on Live Captions”.

Cara mengaktifkan fitur teks terjemahan di Microsoft Teams

  • Buka aplikasi Microsoft teams
  • Ketuk ikon titik tiga di atas
  • Pilih “Turn on Live Captions”
  • Setelah teks dari live caption sudah muncul, klik ikon titik tiga lagi di bagian bawah
  • Ketuk pilihan “Change spoken language” (ganti bahasa pembicara)
  • Pilih bahasa terjemahan yang diinginkan
  • Klik "Confirm".

Namun, fitur ini sepertinya masih belum digulirkan secara menyeluruh di Indonesia. Pasalnya, ketika KompasTekno hendak mencoba, fitur ini belum tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com