Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Polling di Grup dan "Caption" Dokumen

Kompas.com - 26/09/2022, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp termasuk salah satu layanan yang rajin menggulirkan fitur-fitur untuk menambah pengalaman penggunanya.

Kali ini, WhatsApp disinyalir tengah menyiapkan dua fitur baru, yakni fitur jajak pendapat (polling) dan takarir (caption) untuk dokumen.

Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Dalam sebuah postingan di situs resminya, WABetaInfo membagikan dua gambar ilustrasi untuk fitur polling dan caption dokumen di WhatsApp.

Untuk fitur polling, WhatsApp diyakini menyiapkan fitur ini untuk grup. Serupa dengan fitur polling di aplikasi lainnya, pengguna WhatsApp yang tergabung dalam sebuah grup dapat memulai suatu jajak pendapat dengan fitur polling tersebut.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup WA Kini Bisa Hapus Pesan dari Anggota

Tampilan fitur polling yang disebut tengah disiapkan WhatsApp.WABetaInfo Tampilan fitur polling yang disebut tengah disiapkan WhatsApp.
Belum jelas, dimana opsi polling bakal diletakkan di dalam grup. Namun, berdasarkan gambar yang dibagikan WABetaInfo, fitur polling bakal memiliki nama "Create Poll".

Di jendela "Create Poll", pengguna bisa memasukkan pertanyaan, lengkap dengan opsi jawaban. Belum diketahui pula berapa jumlah opsi jawaban maksimal yang bisa disertakan pengguna.

Namun, menurut bocoran sebelumnya, pengguna bisa menampilkan hingga lima opsi jawaban dalam satu jajak pendapat. Nantinya, pengguna tampaknya perlu mencentang salah satu opsi, lalu mengeklik "vote" untuk mengikuti polling.

Diberitakan sebelumnya, hasil polling akan terlihat oleh anggota grup. Kendati begitu, anggota grup tidak akan mengetahui pilihan masing-masing anggota.

Dirangkum dari Gizchina, fitur polling WhatsApp ini konon juga akan dienkripsi end-to-end. Sehingga tidak akan ada yang menengetahui detailnya termasuk perusahaan pemilik aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Status WhatsApp Bisa Berisi Pesan Suara Pengguna?

Caption dokumen

Selain fitur polling, WhatsApp juga diyakini tengah mengembangkan fitur untuk pemberian takarir (caption) pada dokumen yang dikirimkan di WhatsApp.

Tampilan fitur caption untuk dokumen yang disinyalir sedang disiapkan WhatsApp.WABetaInfo Tampilan fitur caption untuk dokumen yang disinyalir sedang disiapkan WhatsApp.
Hingga kini, pengguna memang belum bisa memberikan caption ketika mengirimkan dokumen di ruang obrolan WhatsApp.

Hal ini bagi sebagian pengguna merepotkan. Karena mereka tidak bisa memberikan keterangan untuk setiap dokumen yang mereka kirim.

Alhasil, pengguna harus menuliskan keterangan atau caption dokumen dalam pesan terpisah.

Nantinya, bila fitur caption dokumen dirilis ke publik, pengguna bisa langsung menambahkan caption di kolom "Add a caption..." ketika mengirim dokumen.

Fitur "Add a caption..." pada dokumen ini tampaknya bakal serupa ketika pengguna mengirimkan foto/video ke WhastApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (26/9/2022).

Perlu dicatat, fitur Polling dan caption dokumen ini masih dalam tahap pengembangan.

Belum diketahui secara pasti kapan WhatsApp bakal menguji coba dan meluncurkan dua fitur tersebut ke publik. Kita tunggu saja.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Fitur Keluar Grup WhatsApp Diam-diam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com